Uniknya Bendera Nepal, Menggambarnya Harus dengan Rumus

Umumnya, seluruh negara di penjuru dunia memiliki bentuk bendera persegi panjang. Namun, hal itu tidak berlaku bagi negara Nepal. Negara beribu kota Kathmandu ini memiliki bendera berbentuk tumpukan dari dua segitiga.

Dilansir dari pri.org, Graham Bartram, seorang ahli vexilologi (ilmu yang mempelajari tentang bendera) mengatakan bahwa segitiga memang bentuk asli bendera negara-negara Asia Selatan.

Ketika negara lain telah menyesuaikan bendera nasional mereka dengan  standar Eropa, Nepal menjadi satu-satunya negara yang memilih untuk tetap mempertahankan bentuk tradisional segitiga tersebut.

Bendera Nepal memiliki warna dasar merah yang melambangkan kemenangan dan keberanian diambil dari warna bunga nasional Nepal, Rhododenron. Sedangkan, warna biru yang terdapat pada tepi bendera melambangkan perdamaian. Mengenai makna bentuk dua buah segitiga pada bendera, terdapat beberapa pendapat. Namun, penafsiran resmi dari Pemerintah Nepal ialah sebagai lambang dari dua agama resmi di Nepal yaitu Buddha dan Hindu.

Uniknya, banyak orang yang salah ketika menggambar bendera Nepal. Hal ini dikarenakan memang perlu memahami rumus berdasarkan ketentuan yang ada pada undang-undang Nepal. Caranya, dari titik A gambar garis AC tegak lurus dengan AB dilanjutkan dengan membuat garis FG di tengah-tengah garis AC. Lalu, buatlah titik D di tengah garis FC dilanjutkan dengan menyambungkan titik G ke C dan menyambungkan titik B ke D. Nah, jadilah bentuk bendera Nepal.

Sumber : pri.org, bobo.id, tribunnews.com

Sumber gambar : tribunnews.com, crwflags.com