Penafian

PENAFIAN

(DISCLAIMER)

Manajemen dan redaksi akutahu.com bekerja secara independen menyajikan berita yang divisualisasikan tanpa maksud dan agenda khusus untuk menguntungkan dan/atau merugikan pihak-pihak tertentu. Manajemen dan redaksi akutahu.com sepenuhnya mengikuti Kode Etik Jurnalistik yang ditetapkan oleh Dewan Pers dan UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers serta peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Manajemen dan redaksi akutahu.com tidak bertanggung jawab atas segala konsekuensi dari penggunaan informasi yang disajikan atau diterbitkan atau secara akurasi menjadi paling terkini dari subjek atau bahasan yang diterbitkan atau dituliskan atau divisualisasikan. Walau demikian, informasi dalam aplikasi akutahu.com (akutahu), situs akutahu.com (www.akutahu.com), maupun yang dipublikasikan melalui media daring/sosial, dimaksudkan sebagai karya jurnalistik untuk memberi nilai tambah yang bermanfaat bagi pembacanya.

Informasi di dalam aplikasi, situs, dan media daring tidak dimaksudkan untuk mengubah pendapat ahli dan/atau praktisi di bidang tertentu maupun nasihat bagi pengambil keputusan pada tingkat individual maupun organisasi, baik perusahaan maupun badan hukum lainnya. Sehingga segala keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang disajikan di dalam aplikasi, situs, maupun media daring harus dikonsultasikan terlebih dahulu sebelum mengambil langkah atau keputusan yang diambil dari informasi yang disajikan semata.

Semua materi yang disajikan dalam aplikasi, situs, dan media daring adalah informasi publik yang tersedia untuk umum, dapat disebarluaskan tanpa harus mengajukan ijin khusus kepada pihak-pihak tertentu. Walau demikian, jika diperlukan, kami akan mencantumkan sumber informasi di setiap publikasi. Segala bentuk gambar yang kami sajikan juga sudah memenuhi kaidah yang diatur dalam Kode Etik Jurnalistik dan ketentuan mengenai Hak Cipta dan Kekayaan Intelektual (HAKI). Terkecuali, kami secara tidak sadar atau tidak sengaja mengutip, karena informasi tersebut tersedia di publik, khususnya internet, tanpa ada aturan pemakaian khusus yang harus kami indahkan.

Apabila karena ketidaksengajaan ataupun ketidaktahuan kami untuk menggunakan materi berlisensi atau terdapat HAKI, kami bersedia untuk menerima masukan, dan kemudian segera mengganti gambar atau tulisan yang dimaksud dengan materi yang tidak berlisensi atau terdapat HAKI. Secara prinsip, kami tidak bermaksud untuk melanggar hak siapa pun, termasuk HAKI yang terkait dalam gambar dan tulisan yang kami kutip dan dijadikan referensi ataupun ilustrasi.

Mengenai logo dan informasi yang terkait dengan pemasang iklan dalam bidang iklan yang kami sediakan bagi para pemasang iklan, isi, referensi, situs yang diacu dan segala informasi terkait di dalamnya adalah di luar tanggung jawab manajemen dan redaksi akutahu.com.

Dalam menggunakan aplikasi dan situs, pengguna aplikasi akutahu,com dengan ini setuju untuk membebaskan (indemnify) manajemen dan redaksi akutahu.com dari segala tuntutan terkait dengan materi yang diterbitkan baik secara sengaja maupun tidak sengaja, termasuk juga di dalamnya adalah  kegiatan menyebarluaskan (dalam bentuk apapun, seperti meneruskan, mengirim ulang, mengunggah ulang, dsb.) dalam berbagai bentuk. Termasuk sehubungan dengan kepemilikan gambar, ilustrasi, tulisan yang dimiliki, baik secara parsial maupun keseluruhan, dimana kami mencantumkan sumber referensi utama dari karya jurnalistik kami yang menjadi dasar penulisan berita.