Ungkapan dengan Nama Hewan dalam Kehidupan

Dalam kehidupan sehari-hari, ternyata banyak juga beberapa istilah yang menggunakan nama hewan. Beberapa istilah ini ternyata sudah tak asing lagi di telinga. Apa sajakah itu?

1. Kelinci percobaan

Kelinci percobaan memiliki dua arti. Kelinci percobaan berasal dari kata dasar kelinci. Kelinci percobaan adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Arti dari kelinci percobaan dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan kelinci percobaan bisa bukan dalam arti kata yang sebenarnya. Kelinci percobaan berarti orang yang pertama-tama dimanfaatkan sebagai percobaan.

2. Mengadu Domba

Adu Domba adalah sebuah ungkapan yang artinya Suatu perbuatan membuat orang lain bertengkar atau bermusuhan. Suatu perbuatan membuat orang lain bertengkar atau bermusuhan diistilahkan sebagai Adu Domba. Dengan adanya adu domba inilah bisa memunculkan sebuah konflik dan menjadi perselisihan antar dua orang atau lebih. Kata Istilah Adu Domba merupakan ungkapan resmi dalam Bahasa Indonesia.

3. Lintah Darat

Lintah Darat, Istilah ini sempat populer digunakan untuk menyebut seseorang yang meminjamkan uangnya kepada orang lain namun dengan bunga yang berlipat-lipat banyaknya dan kalau orang yang berhutang tidak mampu bayar apapun yang dimiliki orang tersebut akan disita dengan semena-mena. Lintah darat adalah sebutan yang sangat cocok untun rentenir dan lintah darat ini sering disebut orang yang tidak punya hati.

4. Cacing Kepanasan

Sebutan untuk kondisi di mana seseorang sedang terlihat gelisah, uring-uringan, entah karena gatal-gatal atau sakit mendadak dan tidak bisa diam. Maka orang yang melihatnya berkomentar seperti “Kaya cacing kepanasan aja”. Banyak orang yang merasa tidak tenang kemudian mereka mondar-mandir, karena ketidaktenangannya banyak orang yang menyebutnya dengan cacing kepanasan

5. Kucing Dapur

Ada yang mengibaratkan kucing dapur adalah seorang yang pemalas, dengan perumpamaan ini. Biasanya hanya menunggu datangnya kesempatan, tidak mau mencari ke sana-sini. Tidak berusaha mencari peluang yang lain di luar. Kucing dapur ketika terbangun hanya menghabiskan waktunya untuk makan dan bermalas-malasan dan kembali untuk tidur.

Sumber : kaskus.co.id, kamuslengkap.com, kbbi.kata.web.id

Sumber Foto : viva.co.id, atmago.com