Traveller Juga Rawan Terkena Flu

Jakarta - Setiap orang bisa terkena flu, merasa fit dan sehat bukan jaminan kita akan terlindungi, apalagi galur virus influenza mudah bermutasi dan terus menyebar ke orang lain, terutama saat melakukan perjalanan transportasi.

Sehingga selain individu lanjut usia, tenaga kesehatan, penderita penyakit kronis, dan penderita penyakit kardiovaskuler, virus influenza juga rentan menyerang Traveler atau orang yang suka bepergian.

Menurut World Health Organization (WHO), influenza adalah penyakit saluran napas akut yang mudah menular dan virusnya telah menyebar hingga ke seluruh penjuru dunia. Data WHO menunjukkan bahwa sekitar 5 hingga 10 persen orang dewasa dan 20 hingga 30 persen anak-anak terkena influenza setiap tahunnya.

Selain gaya hidup yang sehat WHO juga merekomendasikan vaksinasi influenza tahunan sebagai cara paling efektif untuk mencegah influenza.

“Influenza bukan hanya penyakit yang muncul di musim hujan atau musim dingin. Faktanya, di iklim tropis yang hangat, flu bisa berkembang sepanjang tahun. Dalam kata lain, di belahan bumi manapun, risiko tertular virus flu selalu mengintai Anda. Oleh karena itu, sebelum bepergian, cari informasi mengenai jenis virus flu di negara yang akan Anda kunjungi, lindungi diri Anda dengan menerapkan gaya hidup sehat, dan lakukan vaksinasi influenza,” ungkap Dr. Benget Saragih.

Vaksinasi sangat penting dilakukan bagi orang-orang yang melakukan perjalanan atau traveling, hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan dr. Cissy B. Kartasasmita.

“Influenza adalah penyakit menular yang paling umum diderita para pelancong mancanegara dan bisa dicegah dengan vaksin. Vaksinasi influenza merupakan cara yang efektif untuk mencegah infeksi virus influenza”

Manfaat vaksin juga bisa mencegah komplikasi influenza seperti radang paru, risiko perawatan rumah sakit atau bahkan kematian akibat gangguan saluran nafas berat.

Reporter: Inggrid Sevira