Tingkatkan Kualitas Budaya Literasi, ISR UPN Veteran Yogyakarta Gelar Pelatihan Menulis

Yogyakarta - Saat ini gerakan budaya literasi sangat krusial, merupakan salah satu dari tujuan pembangunan nasional. Literasi di Indonesia perlu ditingkatkan, karena minat literasi masih rendah.

Selain, ilmu alam, literasi merupakan salah satu ukuran kualitas pendidikan bangsa. Oleh karena itu divisi penelitian dan pengkajian dari UKM ISR mengadakan pelatihan menulis setiap hari sabtu.

Pelatihan tersebut diikuti oleh anggota aktif ISR. Bentuk pelatihan yang diadakan adalah seperti mentorship. Adapun rangkaian kegiatannya adalah pelatihan menulis esai, penyusunan LKTI, paper, dan jurnalistik. Pemateri akan menyampaikan materi tersebut kemudian untuk mengasah kemampuan kepenulisan maka peserta diberi tugas terkait materinya.

Diadakannya pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi anggota ISR khususnya. Tidak hanya itu setelah selesainya pelatihan, anggota ISR diharapkan untuk mengimplementasikan ilmunya dengan mengajak teman sebayanya peduli budaya literasi dan aktif mengikuti kompetisi terkait kepenulisan.

“Saya harap semangat belajar menulis tidak berhenti pada pelatihan ini namun bisa menerapkan dengan mengikuti kompetisi dan setelah selesainya pelatihan ini saya harap mahasiswa bisa mengajak teman-temannya untuk peduli terhadap gerakan literasi.” Ujar kak Fajar, salah satu pemateri pelatihan menulis.

Untuk mengembangkan kompetensi literasi, maka divisi penelitian dan pengkajian bekerja sama dengan divisi humas untuk selalu mengupdate informasi lomba kepenulisan. Dengan adanya langkah-langkah gerakan literasi tersebut, saat ini minat literasi anggota UKM ISR mulai meningkat.

Sumber: wawancara dan kegiatan secara langsung

Foto: Dokumentasi pribadi