Tidak Menjadi CPNS, Honorer Diangkat Jadi Pegawai Pemerintah

Guru Honorer yang tidak memenuhi syarat jadi CPNS dapat diangkat menjadi pegawai pemerintah. Caranya adalah dengan ikut skema Perjanjian Kerja dengan Pemerintah (P3K). 

Dalam skema itu, baik PNS dan PK3 tetap memperoleh hak keuangan yang sama namun tidak mendapatkan uang pensiun. 

Menteri Pemberdayaan dan Aparatur Negara Syarifudin menjelaskan bahwa sistem penggajian antara PNS (ASN) dengan P3K adalah sama.

“Nanti sistem pembayarannya sama ASN dan P3K” ujarnya di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Jumat (21/9).

Meski tidak memperoleh uang pensiun, karyawan yang terikat PK3 dengan pemerintah dapat mengikuti program dana pensiun. 

“Misalnya mereka bersedia ikut program pensiun untuk P3K seperti Taspen”, kata Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana. 

Tambahnya lagi, akan ada dibuat peta formasi jabatan bagi P3K yang non-guru.

“Karena P3K tidak hanya untuk guru saja, nanti akan dibuat prioritas yang mana dulu akan dilakukan perekrutannya," ujarnya. 

Berdasarkan Undang-Undang No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Ada dua jenis ASN, yaitu pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sebelumnya, di bulan September, pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). "Pemerintah memberikan solusi dengan membuat RPP PPPK dan proses rekrutmentnya akan dilakukan setelah ujian CPNS selesai," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin dalam konferensi pers di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Jumat (21/9/2018).
 

Sumber: detik.com, gatra.com, kompas.com 

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0