• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 164
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Ternyata, Ini Manfaat Mencuci Piring

Walaupun sudah menjadi kewajiban, banyak orang masih malas mencuci piring. Dalam sebuah survei di Amerika Serikat, kegiatan mencuci piring masuk dalam 20 Pekerjaan Rumah Tangga yang Paling Tidak Disukai.

Di balik itu semua kegiatan mencuci piring juga memiliki manfaat. Piring yang bersih ternyata bukan satu-satunya manfaat dari mencuci piring. Mencuci piring ternyata dapat mengurangi stres loh.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan akhir 2015 lalu, para peneliti dari Florida State University, Amerika Serikat, menemukan bahwa kegiatan mencuci piring dapat mengurangi stres jika dilakukan dengan penuh kesadaran.

Eksperimen ini melibatkan 51 siswa yang ditugaskan untuk mencuci piring. Mereka dikelompokkan menjadi dua grup. Grup yang pertama diberi kutipan tentang seseorang yang mencuci piring dengan penuh kesadaran. Sedangkan grup yang kedua diberi kutipan tentang penjelasan mengenai prosedur mencuci piring.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang mencuci piring dengan penuh kesadaran -mereka yang fokus pada aroma sabun, kehangatan air, merasakan sensasi mencuci piring- didapati mengalami penurunan tingkat kegugupan sebesar 27% dan kenaikan inspirasi mental sebesar 25%. Sedangkan grup yang lain tidak mendapat manfaat apa pun.

"Saya tertarik dengan bagaimana aktivitas yang sepele dalam kehidupan bisa digunakan untuk mempromosikan keadaan kesadaran, yang dengan begitu, meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan," ungkap peneliti Adam Hanley.

Studi dalam jurnal tentang kesadaran menyatakan bahwa maksud dari temuan ini beragam dan bahwa kesadaran serta pengaruh positif dapat ditanamkan dengan cara terlibat dalam aktivitas yang beragam secara intens.(DP)

 

Sumber: researchgate.com, time.com, ndtv.com, dailymail.co.uk

Foto: pathayam.com

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0