Siswa Indonesia Masuk 5 Teratas di Cerdas Cermat Lingkungan Internasional

Jakarta - Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat menengah pertama yang diwakili oleh Naima Bibianasyifa (kelas 8) dan Fitri Nur Aulia (kelas 9) berhasil meraih posisi peringkat keempat (Juara Harapan I) dalam rangka mewakili Indonesia dalam kompetisi Wild Wisdom Quiz 2019 (WWQ 2019) yang diselenggarakan oleh WWF-India pada 18-22 November di New Delhi, India.

Ini merupakan partisipasi pertama bagi Indonesia di kompetisi WWQ 2019 tingkat internasional. Sebelumnya SAI berhasil memenangkan WWQ 2019 tingkat nasional yang diadakan oleh WWF-Indonesia pada 6 November 2019 di Jakarta.

Di Indonesia acara Cerdas Cermat atau Cerdas Cepat tak asing lagi. Dengan prestasi siswa Indonesia di kanah internasional, menjadi sesuatu yang membanggakan. Apalagi, WWQ merupakan satu-satunya program cerdas cermat tingkat global yang mengangkat tema mengenai lingkungan dan kehidupan liar di alam. Istimewanya, WWQ mendorong peserta untuk mempelajari misteri alam yang menakjubkan sehingga meningkatkan keingintahuan dan rasa cinta terhadap alam liar.

Pada WWQ Internasional 2019 kali ini, lima peringkat teratas adalah Colombia, Inggris, Nepal, Indonesia, dan India dari total tujuh negara peserta.

WWQ yang digelar setiap tahun ini, mendorong siswa untuk belajar lebih banyak tentang seluk beluk planet kita dan seluruh keajaiban yang ada di dalamnya melalui metodologi yang menyenangkan dengan mengangkat tema ‘Exploring our Planet’ yang terinspirasi dari serial dokumenter alam produksi Netflix dan Silverback Films yang dinarasikan oleh Sir David Attenborough berjudul ‘Our Planet’.

“Para siswa akan menjadi agen perubahan dan menjadi ujung tombak perjalanan konservasi di tahun-tahun mendatang. Di tangan generasi muda, saya sangat yakin bahwa planet kita berada di tangan yang benar, dan berharap bahwa WWQ ini akan menjadi sumber inspirasi dan kebanggaan anak muda di masa depan. Untuk itu kami menghimbau para siswa dan guru yang berpartisipasi untuk melakukan apapun yang mereka dapat lakukan demi melestarikan alamnya”, ungkap Direktur Pendidikan Lingkungan Hidup WWF India, Radhika Suri.

Direktur Komunikasi WWF-Indonesia, Elis Nurhayati menjelaskan “Indonesia diamanahkan  sebagai salah satu negara yang memiliki keanekaragaman hayati darat dan laut terkaya di dunia. Mengenal dengan baik kekayaan sumber daya alam, spesies, dan habitat adalah cara paling sederhana untuk menjaga aset bangsa. Keikutsertaan siswa Indonesia di WWQ tingkat internasional memberikan pesan yang kuat bahwa WWF-Indonesia sangat serius mendukung pembangunan karakter dan sistem pendidikan yang berorientasi pada kelestarian lingkungan dan alam”