Singkawang Dinobatkan Jadi Kota Paling Toleran di Indonesia 2018

Singkawang beberapa waktu ini mendapatkan perhatian publik. Singkawang yang ada di Kalimantan Barat itu menjadi paling toleran berdasarkan Indeks Kota Toleran (IKT) tahun 2018, dirilis oleh Setara Institute, 9 Desember 2018.

Lembaga penelitian ini memiliki perhatian terhadap isu kesetaraan dan keberagaman di Indonesia. Dalam penelitian, Singkawang mendapatkan nilai tertinggi melewati Salatiga dan Pematang Siantar yang berada di posisi kedua dan ketiga secara berurutan.

IKT memiliki empat indikator yang menjadi variabel alat ukur untuk kota yang toleran, diantaranya, Regulasi Pemerintah Kota (contoh: kebijakan diskrimatif), Regulasi Sosial (tingkat persekusi antar warga). Selanjutnya, tindakan Pemerintah (pernyataan pejabat public mengenai peristiwa intoleransi atau tindakan pemerintah), terakhir, demografi Agama (keberagaman umat beragama pada kota tersebut)

Keempat indikator dinilai dalam skala 1-7 dimana semakin rendah angkanya maka semakin buruk. Setelah dijumlahkan, variabel akan dipersentasekan berdasarkan bobot yang telah diatur oleh peneliti sehingga menghasilkan 10 kota terbaik dan 10 kota terburuk.

Menanggapi posisi Singkawang sebagai kota paling toleran di Indonesia, Walikota Singkawang, Irwan mengatakan bahwa keharmonisan adalah kebutuhan bagi warga kotanya.

Irwan berpendapat, masyarakat Singkawang sangat unik dan plural. Tidak ada suku atau kelompok yang paling dominan di Singkawang. Hal inilah yang ditanamkan pada benak penduduk Singkawang sejak lama dan Irwan beserta jajaran pemerintahnya memiliki visi untuk mmempertahankan budaya positif ini.