Rekomendasi Film Berlatar Papua

Rekomendasi Film Berlatar Papua

Bicara film, kini bioskop Indonesia tidak lagi didominasi oleh film Hollywood. Film-film Indonesia semakin banyak diproduksi dari tahun ke tahun. Beberapa film Indonesia juga berhasil menjadi box office dengan perolehan jutaan penonton. Bahkan tidak sedikit film Indonesia yang diputar di negara tetangga, serta masuk dalam nominasi beberapa festival penghargaan film berskala internasional.

Ketika menonton sebuah film, salah satu daya tarik yang patut diperhitungkan adalah latar tempat. Tidak dapat dipungkiri salah satunya adalah Papua, yang merupakan salah satu daerah paling eksotik di Indonesia. Dengan hamparan alam, budaya dan kondisi sosial ekonomi yang dinamis, Papua menjadi salah satu latar tempat beberapa film Indonesia. Film-film tersebut berhasil mengangkat keindahan alam dan kondisi Papua yang dibalut dengan cerita yang apik. Apa saja film-film berlatar Papua yang layak ditonton? Berikut empat rekomendasi film Papua yang sayang untuk dilewatkan.

  1. Denias, Senandung di Atas Awan (2006)

Film ini menceritakan seorang anak yang berjuang untuk dapat bersekolah. Denias, seorang anak laki-laki yang tinggal di kaki pegunungan Jaya WIjaya harus berjalan melintasi gunung dan sungai untuk menuntut ilmu di sekolah yang bagus. Dalam petualangan inilah kita dapat melihat indahnya bentang alam Papua yang menyejukkan mata. Selain itu, tema sosial budaya yang diangkat dalam film ini juga cukup kental, dan merefleksikan kondisi Papua yang sebenarnya. Tidak heran jika film ini sempat masuk seleksi Piala Oscar tahun 2008.

  1. Cinta dari Wamena (2013)

Cinta dari Wamena berkisah tentang persahabatan tiga anak Papua, yang memilih jalan hidup masing-masing. Berawal dari impian untuk bisa bersekolah gratis di Wamena, ketiga sahabat ini dihadapkan pada gaya hidup bebas dan AIDS yang sedang mewabah. Film ini berhasil menggambarkan realita sosial Papua yang memang perlu mendapat perhatian pemerintah. Selain dibintangi oleh artis asal Papua, aktor papan atas Indonesia, Nicholas Saputra juga turut ambil bagian dalam film ini.

  1. Epen Cupen The Movie (2015)

Film ini meupakan versi layar lebar dari serial Epen Cupen yang viral di online channel Youtube. Diawali dari upaya mencari saudara kembar yang hilang sejak kecil, Celo, tokoh utama dalam film ini bertualang ke Jayapura. Di sini lika liku cerita dimulai dengan dibalut nuansa komedi khas Papua.

  1. Di Timur Matahari (2012)

Bertema pendidikan, film Di Timur Matahari menjadi salah satu film berlatar Papua yang sarat makna. Kesabaran Mazmur dan kawan-kawan dalam menunggu kedatangan guru pengganti menjadi daya tarik utama dalam film ini. Pertikaian antarkampung juga turut mewarnai cerita dalam film ini.

Bagaimana, tertarik nonton film-film di atas? Selamat menonton! smiley

Sumber: filmindonesia.or.id, papua.us, kincir.com

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0