Rafflesia Arnoldi, Bunga Raksasa Unik di Bengkulu

Bengkulu - Bunga rafflesia arnoldi merupakan salah satu bunga langka dan dinyatakan sebagai bunga Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 yang diteken oleh Presiden Soeharto. Diberi nama bunga Raflesia Arnoldi karena pertama kali ditemukan oleh Joseph Arnold dan Thomas Stamford Raffles pada tahun 1818 di daerah Sumatera tepatnya provinsi Bengkulu. oleh karena itu hingga sekarang bunga Rafflesia menjadi ikon atau ciri khas provinsi Bengkulu.

Bunga Rafflesia Arnoldi adalah tanaman parasit yang memiliki lima mahkota bunga dengan tekstur kasar. Bunga ini tak memiliki akar, batang, dan daun. Di dasar bunga terdapat bagian seperti piringan berduri, berisi benang sari atau putik, bergantung pada jenis kelamin bunga, jantan atau betina. bunga ini memiliki "penggemar"kecil yaitu serangga seperti lalat karena bau yang busuk  yang dikelurkannya. penggemar tersebut sekligus membantu penyerbukan. Saat mekar, bunga rafflesia ini  bisa memiliki diameter mencapai 70-110 cm dan tingginya 50 cm. Sedangkan beratnya sendiri bisa mencapai 11 kg.  Setelah satu minggu (5-7 hari)  mekar bunga ini akan layu dan mati. 

Bunga Rafflesia Arnoldi ini sering mekar didaerah pergunungan dan hutan, seperti di daerah taba penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah,  di sekitar objek wisata Air Terjun Kemumu, Kabupaten Bengkulu Utara yang masuk dalam kawasan Hutan Lindung Boven Lais, kaur dan daerah lainnya. Banyak wisatawan yang ingin melihat sekaligus berfoto dengan bunga ini, walaupun harus berjalan sekitar 10-30 meter dari jalan wisatawan merasa puas melihat keindahan bunga Rafflesia. Sayangnya, bunga ini hanya mekar di waktu-waktu tertentu.

Bunga rafflesia ini juga digunakan sebagai motif kain batik besurek yang menciri khaskan bahwa batik tersebut berasal dari Bengkulu, dan akun google pernah menjadi kan bunga Rafflesia Arnoldi sebagai doodle google. 

sumber : CNN