PKSR di Cilegon, Jaga dan Lindungi Kura-kura

Cilegon - PKSC (Pencinta Kura-kura Serang Cilegon) adalah komunitas pencinta kura-kura yang berasal dari Serang, Cilegon Banten. Komunitas ini berdiri pada tanggal 9 Februari 2014 dengan tujuan untuk melestarikan dan melindungi kura-kura supaya tidak punah.

Selain kura-kura, komunitas ini melindungi Penyu dan reptil sejenisnya. Bukan hanya karena hewan ini lucu untuk dijadikan hewan peliharaan, komunitas ini terbentuk atas dasar kepedulian dengan alam sekitar. Alasannyam banyaknya pemburuan kura kura lokal yang ada di indonesia yang membuat populasi semakin menipis.

Tragis dan menyedihkan!! Entah apalagi yang ada di pikiran mereka. Kali ini 2019 diawali perburuan penyu di Berau dieksekusi di atas kapal, menangis saat dibedah. Penyu sisik (Eretmochelys imbricata) adalah salah satu jenis penyu yang masuk daftar merah karena sudah terancam punah.

Pemerintah juga telah berusaha melindunginya. Ini dilakukan dengan menerbitkan Undang-Undang Nomor 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7/1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

PKSC biasa melakukan kopdar rutin tiap bulan sekali dan untuk lokasi Kopdar atau Gatheringnya yaitu di Alun-alun Serang, Alun-alun cilegon, CFD Cilegon.

Sumber Foto : liputan6.com