Old Town Road dan Kebangkitan Genre Country Rap

Jakarta - Tren musik begitu cepat berubah. Dulu genre Rap Korea (K-Rap) sempat viral saat Gangnam Style, single milik Rapper Korea Selatan, Psy meledak di pasaran. Tahun 2017, giliran genre Reggaeton menarik perhatian dunia lewat Despacito dari Luis Fonsi dan Daddy Yankee. Kali ini, Country Rap yang mendapatkan sorotan penikmat musik.

Adalah Lil Nas X, rapper asal Atlanta, Amerika Serikat yang membawa Country Rap ke puncak. Singlenya berjudul Old Town Road berhasil memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100. Single ini terlebih dahulu mendapat rekognisi publik setelah viral di aplikasi Tik Tok. Single ini pertama kali debut di Billboard Hot 100 pada posisi 83 namun, dalam waktu beberapa minggu saja, lagu ini dapat menyusup ke peringkat 1.

Tadinya, Lil Nas X adalah satu-satunya musisi dalam lagu ini. Kemudian, ia mengajak penyanyi Country, Billy Ray Cyrus untuk ikut bernyanyi di lagu ini dalam versi remixnya. Cyrus yang juga merupakan ayah dari musisi kenamaan AS, Miley Cyrus mengiyakan ajakan Nas.

Sebuah video klip dirilis dari versi remix. Tidak seperti video klip kebanyakan, Lil Nas X menyebut video musik ini sebagai film. Film atau video klip ini dibintangi komedian kenamaan Chris Rock dan DJ dari grup musik elektronik Major Lazer, Diplo. Video ini telah ditonton oleh lebih dari 62 Juta penonton dalam waktu 7 hari saja.

Kontroversi Billboard

Kontroversi mencuat ketika keberadaan Old Town Road pada tangga lagu Billboard Hot Country Songs, tangga lagu Billboard khusus musik Country, dicopot. Dianulirnya lagu ini dari tangga lagu Billboard Hot Country Songs, banyak mendapatkan kritik dari pakar musik. Pihak Billboard membela diri kalau pencopotan itu dikarenakan, lagu Lil Nas X ini tidak memenuhi kriteria untuk disebut sebagai lagu Country. Akan tetapi lagu itu masih mengisi tangga lagu Billboard Hot 100 dan Billboard Hot R&B Songs.Menghadapi penolakan Billboard untuk mengakui lagunya, Nas kecewa dengan klasifikasi musik Country ala Billboard dan merasa kalau lagunya merupakan gabungan dari Country dan musik Rap Trap.

Lil Nas X bukanlah musisi hip-hop pertama yang terjun ke genre country dan tidak diakui oleh sebuah institusi musik. Diva kenamaan AS, Beyonce pernah menciptakan lagu berjudul Daddy's Lesson yang punya kontribusi Country di dalamnya akan tetapi, The Recording Academy, perusahaan yang menggelar Grammy Awards, menolak mengidentifikasikan lagu ini sebagai lagu Country. Rapper dan penyanyi R&B Juice Wrld juga pernah membuat album Rock yang tidak pernah tercatat dalam tangga lagu Rock manapun di AS. Kritikus musik dari majalah Rolling Stones, Elias Leight melihat masalah ada pada diskriminasi rasial pada musisi kulit hitam Amerika ketika ingin mencoba memasuki genre yang biasanya diisi oleh musisi kulit putih.

Terlepas dari kontroversi tersebut, lagu Old Town Road merupakan bukti kalau musik selain pop masih dapat kesempatan untuk memuncaki tangga lagu bergengsi. Selain itu, lagu ini juga semakin menegaskan keberadaan Country Rap dalam industri musik Amerika. Bukan tidak mungkin, Billboard akan mengubah pendirian dan definisinya mengenai musik Country.