Menyiapkan Tenaga Kerja yang Cakap

Jakarta - keahlian statistik atau mengolah data numerik menjadi salah satu keahlian yang sedang dicari saat ini. Tidak hanya digunakan oleh akademisi, perusahaan komersil membutuhkan ahli angka untuk analisis pasarnya.

Atas dasar itu, Media Akutahu Research Center mengadakan Scientific Research Tools Short Training yang diselenggarakan di Gedung Perfilman Usmar Ismail, Jakarta selama dua hari, 19 san 20 Juli 2019.

Pelatihan ini mengundang Dr. Setyo Hari Wijanto (Dosen FEB UI), Dr. Gema Nusantara (Peneliti Senior LSN) dan Dr. Siti Rohajawati (Kepala Prodi Sistem Informasi Universitas Bakrie). Sesi pertama pelatihan diisi oleh Dr. Setyo.

Dr. Setyo menjelaskan tentang Lisrel. Lisrel adalah piranti lunak statistik yang banyak digunakan oleh banyak ilmuan dan praktisi di seluruh dunia. Keunggulan dari piranti ini adalah kemampuannya mencari hubungan antar variabel yang kompleks.

Nantinya, data hasil olahan Lisrel akan disajikan dalam bentuk matriks. Bagi yang masih awam dengan bahasa statistik, Lisrel memiliki keunggulan yang menjadi daya tarik tersendiri. Lisrel menggunakan bahasa yang dimengerti orang awam, sehingga mereka dapat menginterpretasikan data dengan mudah