Mengenal Profesi Make Up Artist

Coba sobat bayangkan akan jadi seperti apa film atau video yang teman-teman tonton jika seluruh pemerannya tidak berdandan, alias tidak menggunakan make up sama sekali? Woww. Pasti akan aneh sekali ya. Tidak akan ada kengerian di film horror, tidak ada kemegahan di film sci fi modern, serta Voldemort pun kemungkinan akan berhidung mancung. Nah belum lagi video klipnya SNSD ataupun BlackPink, bisa jadi teman-teman tidak akan mengenali siapa saja personel tersebut jika sedang tidak menggunakan make up.

Pekerjaan Tata Rias merupakan profesi balik layar yang cenderung jarang mendapatkan sorotan. Padahal, seorang Make Up Artist, panggilan profesional mereka, tidak hanya menjadi bagian penting di industry perfilman, melainkan juga banyak ditemui di kegiatan-kegiatan lain seperti Fotografi, Acara Pernikahan, serta upacara-upacara lain yang melibatkan manusia. Demi mereka, para wanita pasti akan rela untuk telat datang ke acara Wisuda, bangun pagi-pagi buta untuk dirias, dan bahkan memundurkan waktu akad nikah demi menyelesaikan riasan yang masih belum dianggap sempurna.

Dengan peran yang sepenting itu, tentu saja Profesi Make Up Artist (MUA) tidak dapat dipandang sebelah mata. Dilansir dalam CNBC Indonesia, Carolina Septerita, salah satu MUA senior di Indonesia, menyebutkan bahwa dalam 1 kali kerja saja, seorang MUA bisa menghasilkan dari 100 ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah. Angka tersebut bervariasi sesuai dengan jenis event, tingkat kesulitan, lama waktu, dan sudah seberapa terkenal dan berpengalamannya seorang MUA.

Tertarik untuk berkarir sebagai MUA? Ternyata untuk menjadi profesional di bidang ini, sobat tidak harus berkuliah terlebih dahulu lho. Beauty Journal memaparkan bahwa banyak sekali MUA Profesional saat ini yang lebih memilih untuk belajar secara informal untuk dapat memiliki keahlian make up yang profesional. Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah mengikuti workshop yang diadakan lembaga kecantikan hingga privat dengan MUA Senior secara langsung. Selain itu banyak juga yang memilih untuk menonton tutorial-tutorial tata rias yang dengan sangat mudah dapat ditemui di platform youtube. Tidak terlalu sulit sepertinya ya. Ehh tapi tunggu dulu. Ingat tidak ada yang instan di Dunia ini.

Vizzily Vizya, seorang MUA sekaligus beauty vlogger dengan total 139rb follower mengungkapkan bahwa banyak sekali suka sekaligus duka ketika berjuang utnuk menjadi seorang MUA Profesional. Pada saat ia masih berpredikat sebagai MUA pemula, ia beberapa kali dianggap remeh oleh keluarga dari orang yang sedang diriasnya. Seringkali pula bahkan ia mencari orang-orang di sekitarnya untuk mau dijadikan bahan latihan. Semua itu ia lakukan untuk menambah jam terbangnya, serta membantunya untuk menemukan “Karakter Unik” dari make up yang dikerjakannya. Vizzily juga berpesan, “kalau memang menjiwai tak perlu belajar ke mana pun pasti akan menemukan teknik dan karakter sendiri. Karena make up itu seni, jadi semua tergantung senimannya.”

Kesulitan lain yang seringkali dihadapi MUA Pemula adalah mahalnya harga-harga peralatan kosmetik berkualitas yang harus dimiliki. Produk-produk tersebut sangat bervariasi dan tidak mungkin cocok dengan seluruh jenis kulit, sehingga seorang MUA akan mengumpulkan produk-produk kecantikan dengan manfaat yang sama namun dengan merk yang berbeda beda. Yang tidak kalah pentingnya dari itu semua adalah mengembangkan brand melalui media sosial merupakan hal yang wajib dilakukan.  Dari media sosial itulah calon klien akan menilai kecocokan ciri khas dari seorang MUA, begitu juga personalitinya, dengan hasil akhir yang diharapkan oleh seorang klien. Nah sobat, semoga artikel ini bisa bermanfaat ya buat kamu yang ingin menjadi seorang MUA yang Profesional dan Terkenal. Semangat!!

Sumber:

https://www.kompasiana.com

https://journal.sociolla.com

https://www.finansialku.com/

https://www.hipwee.com

Gambar:

Skills.id

beautynesia.id

antaranews.com

https://www.kompasiana.com