Lili Pintauli Siregar, Wanita Tangguh Capim KPK 2019-2023

Jakarta - Nama Lili Pintauli Siregar baru-baru ini menjadi perbincangan masyarakat. Bukan tanpa alasan, wanita berambut pendek ini menjadi satu-satunya wanita yang lolos menjadi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Hal itu membuatnya menjadi sosok yang berbeda dan dianggap tangguh.

Langkah Lili Pintauli Siregar menjadi Capim KPK pun tak mudah. Ia harus melakukan berbagai tes, dan mengalahkan calon lainnya. Akhirnya, Lili berhasil lolos dalam uji publik dan wawancara setelah menyingkirkan kandidat wanita lainnya yaitu Neneng Euis Fatimah dan Sri Handayani.

Uniknya dari Lili, ia ingin membuat dua lembaga, LPSK dan KPK ingin saling memahami dan membantu saat menangani kasus korupsi. Salah satunya, dengan memudahkan jalur antara KPK dengan LPSK tentang perlindungan saksi korupsi. Semua itu ia ungkapkan saat melaksanakan uji publik.

"Tugas pokok LPSK memang memberikan perlindungan bagi saksi dan korban. Beberapa kasus yang dialami KPK, kami jemput bola tapi tidak direspons. Tidak berkenan, harus izin pimpinan dan sebagainya," sebut Lili dalam sebuah wawancara.

Rupanya kedekatan Lili dengan LPSK bukan tanpa alasan. Wanita yang berprofesi sebagai pengacara itu sebelumnya mengabdi di Lembaga Perlindugan Saksi dan Korban (LPSK).

Lili Pintauli Siregar aktif di LPSK selama 2008-2018. Lili pernah menjadi Wakil Ketua Lembaga Perlindugan Saksi dan Korban (LPSK) periode 2013-2018.

Berbagai sumber