Jelajah Eksotisme Tangkuban Perahu

Daya tarik Tangkuban Perahu tidak diragukan. Tempat instagrammable mengundang anak-anak millenial untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Namun, dibalik keindahan, terdapat sisi historis dan dongeng yang perlu Kita ketahui bersama.

Menurut lagenda dari daerah setempat, Tangkuban Perahu terbentuk hasil amarah Sangkuriang yang gagal menikahi Ibunya sendiri, Dayang Sumbing. Konon, Sangkuriang menendang perahu hasil buatannya hingga terbalik dan terciptalah Tangkuban Perahu. Menurut Bachtiar, Geografiwan sekaligus Pengamat dan Pecinta Lingkungan, mengatakan lagenda tersebut adalah orang selatan (Lembang). Lanjutnya, Tangkuban Perahu hanya mirip perahu dari sisi selatan saja, tetapi dari sisi timur, utara, dan barat tidak tercipta perspektif seperti perahu terbalik.

Penjelasan ilmiah mengapa perspektif orang selatan bisa mengatakan seperti perahu terbalik adalah ada dua kawah yang berdampingan antara arah barat dan timur. Akibat berdampingan dari kedua sisi berlawanan tersebut, penglihatan dari arah selatan seperti perahu terbalik.

Terlepas dari historis dan dongeng, Tangkuban Perahu memiliki pesona eksotis untuk dikunjungi. Pasir putih dan kabut menyelimuti area juga menambah kesan betapa indahnya Tangkuban Perahu. Pengunjung juga setidaknya membawa jaket atau sweater karena area yang cukup dingin.

Yuk, rencanakan ke Tangkuban Perahu liburan nanti!

 

Sumber : travel.kompas.com, tempatwisatadibandung.info, tempatwisataseru.com
Sumber gambar : bisniswisata.co.id