Ingin Aman di Dunia Digital? Ikuti Tips ini

Jakarta - Berselancar di internet adalah kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang. Akan tetapi, kegiatan menyenangkan ini bukannya tanpa bahaya. Ada risiko yang mengancam informasi pribadi dan kesehatan piranti lunak para pengguna internet. Bagaimana cara aman menjelajah di internet?

Dalam acara dialog yang digelar di Jakarta, Rabu (3/7), Lembaga Studi & Advokasi Masyarakat (Elsam) memberikan rekomendasi menjaga keamanan data pribadi para warganet.

Mengamankan Perangkat dan Jaringan

Antivirus adalah fitur keamanan paling dasar yang harus dimiliki para peselancar internet di laptop/komputernya, Antivirus akan menghadang virus-virus yang akan mengacaukan sistem dalam komputer yang dapat dimanfaatkan untuk pencurian data.

Virus dari hari ke hari juga semakin canggih dan berbahaya. Mengunduh dan memasang antivirus baru setengah dari langkah penjagaan laptop atau komputer. Oleh karena itu, Antivirus harus terus menerus diperbaharui agar perangkat kita terhindar dari virus

Waspadai Pencurian Data

Hati-hati dengan surel atau pesan yang mencurigakan. Bisa jadi, itu adalah jebakan para pencuri data agar para pengguna internet meng-kliknya sehingga mereka dapat dengan mudah mengambil data pribadi para peselancar.

Pasang Password yang Kuat

Media sosial dan surel mengandung banyak informasi pribadi yang berbahaya jika jatuh ke tangan yang salah. Untuk menjaga informasi itu, password yang tidak dapat ditembus sembarangan adalah solusinya. Jika perlu, gunakan password yang beragam bagi yang memiliki lebih dari satu akun media sosial.

Akan tetapi, jika kamu orang yang pelupa fitur keamanan ganda dapat digunakan. Fitur ini biasanya menggunakan nomor telepon untuk mengirimkan kode untuk mengakses surel. Dengan fitur keamanan ganda, hanya pemegang nomor telepon yang sah lah yang bisa memiliki akses ke surel anda.

Pastikan Jejak Digital Aman

Apa yang terpampang di internet memiliki jejak yang bisa diakses kembali sewaktu-waktu. Jangan publikasikan informasi sensitif seperti nomor telepon, informasi keluarga, dan data kependudukan di platform media sosial. Ada fitur privasi di platform media sosial yang dapat digunakan untuk membantu menjaga informasi sensitif yang ada di media sosial.