Hindari Pencurian Data Pribadi, Ini Langkah Aman Gunakan Facebook

Jakarta - Facebook adalah salah satu platform media sosial yang banyak digunakan oleh umat manusia di seluruh dunia. Milyaran orang memiliki segudang informasi yang disimpan dalam akun Facebooknya.

Data di Facebook ibarat identitas diri bagi penggunanya. Dikhawatirkan apabila ada kebocoran data, akan digunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Maka dari itu mengontrol akun Facebook adalah sebuah keharusan bagi orang yang tidak ingin datanya dicuri dan dimanfaatkan untuk hal-hal negatif. Apa sajakah itu?

Berikut adalah 5 langkah untuk menjaga akun Facebookmu dari tangan tidak bertanggungjawab.

Periksa Aturan Privasi Akun

Hal keamanan paling dasar yang harus diketahui oleh pengguna Facebook adalah fitur pengaturan privasi. Fitur ini dapat mengulas dengan siapa kamu berinteraksi, menghapus aplikasi yang tersambung dengan akunmu dan mengubah privasi informasi di akunmu.

Pahami Siapa Pembacamu

Mengelola akun Facebook seperti menjadi penulis buku. Keberhasilan sebuah buku bergantuk pada pembacanya. Oleh karena itu, perhatikan siapa saja pembaca yang berlalu-lalang di akun Facebookmu. Kamu bisa mengatur pihak mana yang akan melihat unggahanmu lewat //fb.me/PeferensiIklan.

Jangan Bagikan Informasi Detil Log-In Masuk Akunmu

Akunmu menyimpan rahasiamu. Jika jatuh ke tangan orang tidak bertanggung jawab, rahasiamu dalam bahaya. Memberikan alamat surel dan password Facebook kamu berarti memberikan akses seseorang untuk menyebarkan rahasiamu secara gratis.

Jangan Pernah Klik Link yang Mencurigakan

Penipu memiliki jutaan cara untuk menipu korbannya. Pada zaman modern, penipu semakin beradaptasi dengan teknologi sehingga ada beberapa penipu yang mencoba menggoda kamu untuk memberikan informasi pribadimu dengan mengklik tautan yang mereka buat untuk mencuri datamu. Ingat, Facebook tidak pernah meminta kata sandi dari akun Facebookmu. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru kamu temui di dunia maya.

Blokir Orang yang Mencurigakan

Jika kamu merasa tidak nyaman dengan seseorang atau ada seseorang yang gerak-geriknya mencurigakan, blokir saja. Facebook telah mengatur bagaimana cara memblokir orang yang tidak diinginkan dengan //fb.me/pengaturanblokir.