Gerak Cepat, Jenazah Sutopo Dimakamkan Hari Ini

Jakarta - Kepala Pusat Data dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menghembuskan nafas terakhirnya di Guangzhou, Tiongkok, 7 Juli 2019. Sutopo, meninggal dunia karena penyakit kanker paru-paru stadium 4 yang dideritanya.

Jenazah Pak Sutopo diterbangkan dari Guangzhou menuju Bandara Soekarno-Hatta , Tangerang. Menurut Kepala Bidang Humas BNPB, Rita Rosita, Kepulangan Jenazah Sutopo diurus oleh Konsulat Jenderal RI di Guangzhou, Tiongkok. Kepulangan jenazah relatif cepat

"Proses itu cepat sekali, dalam satu hari sudah bisa surat-suratnya dikeluarkan. Biasanya proses (kepulangan jenazah) berlangsung 2-3 hari." Kata Rita dalam wawancara via telepon kepada Media AKUTAHU, Senin (8/7).

Rita mengakui cepatnya pengurusan berkas-berkas dari jenazah Sutopo dikarenakan andil dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Jenazah disemayamkan di Raffles Hills Cibubur. Selain disemayamkan, jenazah juga dimandikan dan disalatkan disini. Setelah itu, jenazah dibawa kembali ke Bandara Soekarno-Hatta untuk diterbangkan ke Bandar Adi Sumarmo, Solo.  Jenazah dikuburkan di TPU Sasonolayu, Boyolali, 8 Juli 2019.