Festival Literasi Sekolah Raih Sambutan Hangat dari Masyarakat

Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Festival Literasi Sekolah di Gedung Kemdikbud, Jakarta pada tanggal 25-29 Juli 2019. Acara ini mengundang banyak institusi pendidikan termasuk sekolah, penerbit buku, dan institusi pendidikan lain. Dalam acara ini diadakan 25 dan 30 jadwal acara untuk memeriahkan acara ini selama empat hari.

Ketua Panitia Festival Literasi Sekolah 2019, Wien Muldian mengatakan latar belakang dari diadakannya acara ini adalah untuk mengapresiasi kegiatan-kegiatan literasi yang dilaksanakan di sekolah. Bagi Wien, membaca adalah kegiatan penting untuk meningkatkan literasi yang harus dirayakan.

"Harapannya ada apresiasi pada kegiatan literasi sekolah dan ada upaya dari satu sekolah untuk meniru (kegiatan positif -red) dari sekolah lain." Terang Wien.

Wien menambahkan acara di Kemendikbud bukanlah satu-satunya acara Festival Literasi Sekolah yang diselenggarakan dalam rentang waktu empat hari tersebut. Untuk mengakomodasi 25 lomba yang diadakan, acara juga diadakan di empat tempat lain yaitu, Serpong, Kelapa Gading, Bogor, dan Bintaro.

Terkait dengan kesuksesan acara, Wien optimis acara ini telah sukses. Menurut Wien dalam tiga tahun penyelenggaraannya, Festival Literasi Sekolah tahun 2019 lah yang paling sukses dan paling banyak dikunjungi pengunjung.

"Orang-orang banyak datang, ini di hari terakhir saja masih ramai" kata Wien.

Wien melihat setiap tahun acara ini terus meningkat dalam hal jumlah pengunjung. Wien menutup dengan optimisme kalau Festival Literasi Sekolah tahun 2020 akan lebih ramai dan sukses.