Entikong, Gerbang Perbatasan Pertama dan Tertua di Indonesia

Entikong, Gerbang Perbatasan Pertama dan Tertua di Indonesia

Adakah yang mau berpetualang ke Malaysia lewat jalur darat? Jika Ya, silakan melewati wilayah Entikong! Entikong adalah salah satu daerah di Kalimantan Barat yang memiliki perbatasan pertama dan tertua di Indonesia, tepatnya didirikan tahun 1989. Daerah ini menjadi sorotan nasional setelah Pos Batas Lintas Negara (PLBN) selesai dibangun beberapa waktu lalu. Kini, bahkan PLBN ini menjadi salah satu daerah wisata dan kebanggaan tersendiri bagi warga setempat maupun Indonesia secara umum.

Selain sebagai daerah perbatasan antara Indonesia dengan negeri Jiran Malaysia, Entikong juga diharapkan menjadi titik tumpu perekonomian Kalimantan Barat. Hal ini menjadi sebuah keniscayaan setelah Pemerintah membangun PLBN dan fasilitas pendukung lainnya. Pemerintah telah melakukan perbaikan jalan sepanjang 42 km dari batas Serawak-Entikong, hingga ke Balai Karangan-Kembayan, Kalimantan Barat. Pelebaran jalan juga dilakukan dari yang semula hanya 6 meter, menjadi 7,5 meter sesuai standar jalan nasional. Perbaikan dan pelebaran jalan tersebut kini mempermudah dan membuat warga Malaysia, khususnya Sarawak, menjadi semakin nyaman untuk datang ke Entikong. Dengan semakin banyaknya warga Malaysia yang datang ke Entikong, maka aktivitas ekonomi diharapkan akan semakin meningkat.

Di sisi lain, sebagai gerbang perbatasan lintas negara, kini pemerintah, khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) semakin giat membangun infrastruktur dan sarana-prasarana lainnya. Tidak ketinggalan pengembangan pemukiman warga yang dilengkapi dengan jalan lingkungan, drainase, pengelolaan sampah dan air minum. Hal ini menjadi bukti keseriusan pemerintah untuk mempercantik daerah perbatasan, yang sudah seharusnya menjadi kebanggaan di hadapan negara tetangga.

Lalu bagaimana jika ingin berkunjung ke Entikong? Untuk masyarakat yang berada di luar Pulau Kalimantan, dapat menggunakan transportasi udara terlebih dulu ke Bandara Supadio, di Pontianak, Kalimantan Barat. Setelah mendarat di Pontianak, perjalanan dilanjutkan melalui darat melewati Jalan Trans Kalimantan yang menghubungkan antar provinsi di Pulau Kalimantan. Jarak Pontianak-Entikong sekitar 250 km dengan waktu tempuh perjalanan antara 3-7 jam.

Bagaimana, tertarik ke Entikong? Jika Ya, jangan lupa siapkan paspor agar tetap bisa berkunjung ke negara tetangga. Selamat berpetualang! smiley                                              

 

Sumber: kompas.com, batasnegeri.com

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0