Bangkitnya Eksistensi Rumah Pintar di Kampung Bugis

Pada tanggal 1 Desember 2018 Komunitas penerima Beasiswa Bank Indonesia, Generasi Baru Indonesia melaksanakan program Bedah Rumah Pintar yang ada di Kampung Bugis. Program yang dilaksanakan hingga tanggal 6 Desember  2018 ini dilaksanakan oleh seluruh anggota GenBI dan juga pemuda-pemuda setempat.

Kegiatan tersebut terlaksana karena rendahnya minat membaca masyarakat dan tidak tersedianya tempat untuk mencari buku-buku bacaan. Sehingga, dengan dibangunnya Rumah Pintar tersebut Ketua GenBI Kepri, Zulfikar "berharap dapat meningkatkan daya tarik anak-anak untuk membaca serta belajar disana serta dapat membantu dalam hal pengaktifan kembali Rumah Baca".

Untuk menarik eksistensi agar para masyarakat khususnya anak-anak di daerah tersebut mau membaca di Rumah Pintar, teman-teman dari Genbi Kepri memberikan buku-buku bacaan yang menarik untuk mereka baca selain itu juga, GenBI Kepri merenovasi beberapa bagian dari Rumah Pintar tersebut, salah satunya dengan mengecat ulang sehingga dapat menarik minat anak-anak disekitar. Dari Ficom TV media liput yang ada di Kepri sendiri mengajak kerjasama untuk meliput Kegiatan di Rumah Pintar tersebut.

Beberapa pihak yang mendukung kegiatan tersebut seperti  Bank Indonesia sebagai Pembina dari GenBI Kepri sekaligus sebagai pendukung dalam hal finansial dari kegiatan ini,  selain itu kegiatan ini didukung oleh Pemko Tanjungpinang dengan memberikan ruang  seluas-luasnya untuk mengelolah rumah pintar tersebut. Serta Organisasi Kepemudaan melalui Karang Taruna dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kampung Bugis. Serta antusias beberapa masyarakat di sana yang menyambut baik kegiatan ini.

 

source : Zulfikar (Ketua Generasi Baru Indonesia Kepri), Generasi Baru Indonesia Kepri

Gamber : Abidin Ode (Genbi Kepri)