Ayo ke Kalimantan Utara!

Ayo ke Kalimantan Utara!

Tahukah Kamu provinsi mana yang merupakan provinsi termuda di Indonesia!? Jawabannya adalah, Kalimantan Utara! Kalimantan Utara atau yang sering disingkat Kaltara ini memang baru berusia 6 tahun, tepatnya diresmikan sebagai provinsi baru pada tanggal 25 Oktober 2012. Ibukota Kaltara adalah Tanjung Selor.

Ternyata di provinsi baru ini memiliki banyak spot-spot wisata yang menarik dan tidak kalah dengan tempat wisata di provinsi lainnya. Apa saja kah? Berikut beberapa tempat wisata yang patut Kamu kunjungi di Kalimantan Utara.

  1. Long Bawan

Tempat ini merupakan tempat wisata alam yang berbatasan langsung dengan Sabah, Malaysia. Hamparan kawasan hijau dan area perkampungan Suku Dayah Lundayeh menjadi daya tarik lokasi ini. Selain itu, suku yang memiliki mata pencaharian sebagai penghasil garam dan beternak kerbau ini juga memiliki upacara adat dan tarian yang unik.

  1. Hutan Lindung Sungai Sesayap

Untuk yang suka wisata alam dengan menyusuri sungai, maka lokasi ini cocok untuk dikunjungi. Di hutan lindung ini juga terdapat hewan-hewan langka seperti orang utan, hewan pengerat, kera dan burung.

  1. Pantai Batu Lamampu

Berlokasi di Pulau Sebatik, Batu Lamampu merupakan salah satu objek wisata unggulan Kabupaten Nunukan. Selain pantainya yang luas dan indah, di tempat ini terdapat batu besar yang timbul ketika pasang terjadi.

  1. Museum Roemah Boendar

Selain wisata alam, di provinsi Kaltara ini juga terdapat lokasi wisata sejarah. Sesuai namanya, Museum Roemah Boendar merupakan museum yang berada di rumah yang memiliki halaman dan atap berbentuk bundar. Museum ini merupakan museum peninggalan zaman penjajahan Belanda dan Jepang.

  1. Gunung Putih

Bagi yang suka wisata ke pegunungan, Gunung Putih dapat menjadi alternatif tujuan wisata. Gunung ini disebut demikian karena merupakan gunung kapur yang berwarna putih dengan relief alami yang terlah terbentuk ribuan tahun. Tantangan sekaligus daya tarik gunung ini adalah untuk sampai ke puncaknya, para turis harus melewati gundukan anak tangga yang cukup panjang.

Bagaimana, tertarik ke Kalimantan Utara? Mari rehat dan berwisata ke sana! wink

sumber: idntimes.com, azwisata.com

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1