Apa itu Cacar Monyet?

Jakarta - Singapura sedang diserang wabah penyakit cacar monyet. Penyakit manusia yang menular lewat hewan seperti monyet dan tikus itu sedang menyerang negara tetangga tersebut. Lokasi Singapura dengan Indonesia yang berdekatan membuat warga Tanah Air waspada. Apa itu cacar monyet?

Menurut rilis pers dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penyakit cacar monyet adalah penyakit zoonosis. Zoonosis adalah jenis penyakit yang menyebar melalui binatang. Binatang yang dapat menyebarkan penyakit ini tidak hanya monyet seperti yang diindikasikan dari naman penyakit ini. Hewan seperti tikus dan tupai juga dapat menjadi pembawa penyakit ini. Anak-anak adalah pihak yang rentan terkena penyakit ini.

Jika terkena penyakit ini, akan muncul ruam-ruam yang nantinya akan bertransformasi menjadi bintik  cacar berwarna merah. Sebelum ruam-ruam ini muncul muncul gejala-gejala seperti demam, sakit kepala yang akut, pembesaran kelenjar getah bening dan nyeri otot.

Akan tetapi, publik Indonesia tidak perlu risau. Cacar monyet tidak memiliki tingkat kematian yang tinggi. Proses penyembuhannyapun tidak perlu perawatan khusus. Tidak seperti cacar biasa yang membutuhkan vaksin, cacar monyet dapat sembuh dengan sendirinya. Proses penyembuhan berlangsung selama tiga minggu.

"Tingkat kematian bervariasi tapi masih dibawah 10 persen" Tulis Rilis Kemenkes

Penyakit ini tercatat pernah menyerang beberapa negara Afrika dan Amerika Serikat. Wabah yang menjangkiti Singapura pun diduga berasal dari warga Nigeria yang sedang mengikuti lokakarya di Singapura. Penyakit ini tidak memiliki akar historis di wilayah Asia Tenggara. Indonesia belum pernah terjangkiti penyakit ini.