Pesona Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Bengkulu merupakan salah satu sanksi nyata perjalanan hidup seorang proklamator indonesia, dan merupakan presiden pertama indonesia yaitu Ir. Soekarno atau yang lebih dikenal dengan bung karno. Masa lalu bung karno tak lepas dari bayang-bayang pengasingan oleh kolonial belanda. Ada beberapa daerah yang telah menjadi tempat pengasingan sang proklamator ini dan salah satunya adalah Bengkulu. 

Di Bengkulu, Soekarno menempati rumah yang sekarang berada di tengah Kota Bengkulu, tepatnya di jalan Sukarno Hatta Kelurahan Anggut Atas kecamatan Gading Cempaka.  Rumah itu sekarang lebih dikenal dengan rumah pengasingan bung karno dan telah menjadi salah satu objek wisata bersejarah dan cagar budaya di Bengkulu.

Rumah yang memiliki desain yang sederhana dengan warna putih ini memiliki tabir layar yang berwarna merah putih membuat kita merasakan semangat nasionalisme.  Rumah pengasingan bunga karno ini memiliki halaman yang luas nan indah dihiasi dengan rumput jepang dan bunga disekeliling halaman rumah serta dihiasi batu-batuan kecil  disepanjang jalan gerbang hingga menuju ke rumah pengasingan bungkarno. Dihalaman rumah kita dapat melihat tiang bendera yang kokoh dan terdapat tugu  yang terbuat dari keramik  nan mengkilat dengan tulisan yang bedimensi tiga membuat kesan menjadi lebih tegas dan yang menciri khaskan  rumah pengasingan Bung Karno. 

Tidak hanya halaman rumah yang indah. Setibanya didepan rumah kita langsung disambut diruang tamu, terlihat meja dan kursi yang terbuat dari kayu sebagai tempat untuk menyambut tamu yang datang. Masih tampak kokoh dan indah meskipun sudah hampir setengah abad berlalu. 

Di dalam rumah ini juga terdapat koleksi-koleksi buku bung karno yang ditulis dalam bahasa belanda dan didominasi oleh politik dan ekonomi, yang berarti walaupun diasingkan bung karno masih tetap semangat untuk memerdekaan bangsa indonesia ini. Didalam rumah juga kalian dapat melihat ranjang besi yang digunakan sebagai tempat tidur masih berada ditempat yang sama dan masih tertara rapi. Tidak hanya itu dinding rumah juga terdapat lukisan Bung Karno, Ibu Ftmawati dan lukisan-lukisan pada zaman Belanda. Selain itu, ada juga beberapa foto-foto pahlawan dan teman seperjuangan Soekarno beserta kisahnya.

Di dalam rumah juga terdapat sebuah sebuah sepeda tua yang berada dalam yang diletakkan di kotak kaca dan masih terjaga dengan baik. Sepeda inilah yang menjadi alat transportasi soekarno selama dibengkulu. Serta masih banyak peninggalan-peningalan soekarno didalamnya yang masih terjaga hingga sekarang. 

Tidak hanya halaman dan isi dalam rumah yang indah akan tetapi bagian belakang rumahnya juga begitu menarik perhatian. Disana kalian akan menjumpai sumur beton yang masih kokoh berdiri  dan memiliki air yang bersih. Dibagian belakang juga terdapat rumah-rumah kecil dan kamar mandi yang terpisah dari rumah utama.Disana juga kalian dapat menjumpai berbagai macam oleh-oleh khas bengkulu mulai dari barang hingga makanan. dibagian belakang juga terdapat suatu spot foto yang sengaja dibuat untuk menanmbah kesan mewahnya. 

Rumah pengasingan bung karno ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar. mereka berdatangan untuk melihat barang peninggalan Bung Karno, membaca cerita sejarah yang tertempel di dinding rumah , berfoto-foto hingga membeli oleh oleh khas bengkulu.