UPJ Sukses Selenggarakan Collaboration Festival 2021 Secara Virtual

Jakarta, 5 Maret 2021 - Acara Collaboration Festival (CoFest) 2021 yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya telah usai dan sukses diselenggarakan secara virtual untuk pertama kalinya. CoFest berlangsung dari tanggal 3-5 Maret 2021 di Instagram resmi @cofest.upj, Zoom Meeting, dan ditutup melalui YouTube Live Streaming Kompress UPJ.

Mengangkat tema “Kreasi Digital Penggerak Generasi” dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan bagi seluruh generasi agar mampu berpikir kreatif demi menciptakan karya yang inovatif dengan beradaptasi melalui kolaborasi virtual era digital di mana CoFest 2021 juga berkolaborasi secara virtual baik dengan pihak internal maupun eksternal UPJ. Rangkaian acara CoFest yaitu terdapat lima perlombaan dan lima seminar daring dengan menghadirkan beberapa pembicara ternama seperti Bimoky, Sruput Nendang (Marco & Marlo), Ikram Afro, Sania Leonardo, Reality Club, dan Rizky Aulia (Kiki Ucup). CoFest 2021 berhasil dan sukses mendatangkan peserta sebanyak 1600 orang dari seluruh Indonesia.

Rangkaian kegiatan perlombaan dan seminar daring telah usai dan sukses diselenggarakan pada 3-5 Maret 2021. Perlombaan tersebut meliputi poster, public speaking, voice over, kampanye sosial, dan pembawa acara berita dengan diikuti oleh 100 peserta dari SMA dan universitas seluruh Indonesia. Terdapat lima kegiatan seminar daring di acara CoFest 2021 yaitu “Podcast Sebagai Media Bebas Berkarya”, “Media Sosial Jaga Eksistensi Industri”, “Konten Singkat yang Terus Meningkat”, “Komunikasi Pemasaran di Masa Pandemi”, dan “Konsep Virtual, Solusi Industri Musik” serta berhasil menghadirkan 200-500 peserta di setiap harinya yang tersebar dari Sabang-Merauke.

CoFest 2021 dibuka Rabu, 3 Maret 2021 dengan seminar daring “Podcast Sebagai Media Bebas Berkarya” menghadirkan Bimoky (Voice Over Talent dan Podcaster Malam Kliwon) serta Sruput Nendang Marco & Marlo (Content Creator dan Podcaster Sruput Nendang). Bimoky membagikan tanggapannya mengenai acara CoFest 2021 dan pengalamannya saat menjadi pembicara. Bimoky mengungkap bahwa menurutnya selain konsep acaranya yang luar biasa, dari segi promosi dan lainnya juga tidak kalah kerennya.

“Secara konsep acara sih luar biasa ya, ini salah satu acara yang h minus dua bulan dari segi promosi dan lain-lainnya gokil banget. Terus dari peserta gak nyangka 300 dan bisa berafiliasi dengan kampus-kampus lain keren sih,” ungkap Bimoky pada acara CoFest.

Di hari yang sama, seminar daring “Media Sosial Jaga Eksistensi Industri” menghadirkan Deddy Widjanarko (Head of Bussines Deveploment Web Tv Asia), Karel Anderson (Head of Brand Communication Detik.com), dan Donny Andrian (Senior Social Manager IDN Media).

Pada hari kedua, Kamis, 4 Maret 2021 CoFest mengadakan seminar daring “Konten Singkat yang Terus Meningkat menghadirkan Ikram Afro (Content Creator dan TikTokers @ikramafro) dan Sania Leonardo (TikTokers @panggilakubambang) yang membahas bagaimana penggunaan platform TikTok sebagai sarana dalam membuat konten yang menarik dan menghibur.

Selanjutnya, seminar daring “Komunikasi Pemasaran di Masa Pandemi” menghadirkan Eka Rini (Owner Dennis Catering Jakarta), Annisa Thabiina (Head of Offline Marketing Zalora Indonesia), dan Rinaldi Tjhin (Chief Services Officer SIRCLO) yang membahas bagaimana perusahaan melakukan komunikasi pemasaran untuk bisa bertahan dan berkembang di masa pandemi Covid-19.

Di hari ketiga, Jumat, 5 Maret 2021 sekaligus hari terakhir dan penutupan dari CoFest 2021 mengadakan seminar daring “Konsep Virtual, Solusi Industri Musik” menghadirkan Reality Club (Band Musik Indie Rock) dan Rizky Aulia atau Kiki Ucup (Enterpreneur dan Program Director Synchronize Festival).

Fathia Izzati vocalist Reality Club menyampaikan harapannya kepada seluruh generasi agar mampu beradaptasi di era digital saat ini. Menurut Chia salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjadi orang yang kreatif dan memajukan bangsa.

“Jangan takut untuk meraih apapun cita-cita kalian dan jangan takut untuk eksplore lagi jadi jangan stuck di satu ide aja, teruslah berkarya dan teruslah menjadi orang yang kreatif dan memajukkan bangsa,” ujar Fathia pada hari terakhir CoFest 2021.

Acara CoFest ditutup melalui YouTube Live Streaming Kompress UPJ dengan menampilkan hiburan dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPJ yaitu Kafka Afdal dan Nabila Nadazera.

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya pertama kali menyelenggarakan acara tahunan pada tahun 2016 dengan tajuk Communication Festival (COMMFEST) yang mengusung tema “Super Entrepreneur”, lalu di tahun 2017 terdapat dua COMMFEST yaitu “Diginesia” dan “Evolution of Mass Media (EVODIUS) dan berkolaborasi dengan Program Studi Manajemen, Psikologi, dan Akuntansi. Pada tahun 2018 mengangkat tema “Creative Entrepreneur Dare to Innovate and Inspire People (CREDIT TITLE)”.

Diselenggarakan kembali pada tahun 2019, namun COMMFEST berganti nama menjadi Collaboration Festival (Co-Fest) dengan membawa tema “Spirit of Millennials and Gen Z” dan mendatangkan sekitar lebih dari 5000 penonton saat penutupan acara di Bintaro Jaya Xchange Mall. Kembali lagi pada tahun 2021, Collaboration Festival (CoFest) bersama tema “Kreasi Digital Penggerak Generasi” diselenggarakan secara virtual untuk pertama kalinya.

Reporter : Mira Maryani

Editor: AZ