Minat Jadi HRD? Ini Dia 8 Pilar Utama yang Perlu Kamu Ketahui

Peran Human Resource Development (HRD) sangat penting dan mempunyai dampak yang cukup besar dalam peningkatan maupun stabilisasi perusahaan. Karena HRD sangat penting dalam perusahaan, posisi ini di kerjakan oleh orang yang memiliki latar pendidikan dan rekam jejak yang berkualitas. HRD juga sangat dihormati oleh semua karyawan di suatu perusahaan. 

Untuk menjalankan profesinya, HRD harus memahami delapan pilar utama. Dengan memahami dan mempraktekan pilar utama, HRD akan membantu perusahaan dalam mencapai visi dan misinya. 

1. Rekrutmen dan Seleksi

rekrutmendanseleksi-akutahu2020

Sumber foto: https://www.finansialku.com/

HRD tidak boleh asal dalam melakukan rekrutmen. Karena HRD bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan SDM yang berkualitas, penerimaan hingga penempatan karyawan harus dilakukan dengan cara yang tepat. Mulai dari persiapan, pelaksanaan, pengambilan keputusan, kesepakatan, hingga orientasi. Nah, hal utama yang perlu dilakukan saat rekrutmen, HRD harus melakukannya karena ada posisi yang kosong di perusahaannya. 

2. Pelatihan dan Pengembangan

pelatihandanpengembangan-akutahu2020

Sumber foto: via:https://sleekr.co/

HRD juga bertanggung jawab dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif. Dengan begitu tim akan bekerja dengan solid, bertumbuh dan berkembang. Pelatihan dan pengembangan soft skill dan hard skill yang dilakukan secara rutin dapat menjaga kualitas SDM. 

3. Kompensasi dan Benefit

kompensasidanbenefit-akutahu2020

Sumber foto: https://id.hrnote.asia/

Demi kemajuan perusahaan, setiap pekerja harus diberikan kompensasi dan benefit. Adapun kompensasi yang diberikan bisa berupa uang ataupun barang. Ada dua komponen utama dalam pemberian kompensasi yaitu pembayaran langsung seperti gaji dan insentif. Kemudian pembayaran tidak langsung seperti asuransi dan tunjangan liburan. Sementara untuk benefit bisa berupa tunjangan pensiuan, dan lain-lain. Memberikan benefit bertujuan untuk mempertahankan karyawan dalam jangka panjang. 

4. Manajemen Kinerja

manajemenkinerja-akutahu2020

Sumber foto: https://irrineayu.wordpress.com/

Untuk mencapai tujuan perusahaan, HRD perlu merancang pelaksanaan kinerja seluruh karyawan yang terukur dan transparan. Evaluasi kinerja karyawan salah satunya. Dengan evaluasi kerja, HRD dapat mengetahui hasil pekerjaan karyawan dan kinerja organisasi. Setelah itu HRD bisa menentukan kebutuhan pelatihan kerja secara tepat, memberikan tanggung yang sesuai dengan kemampuan karyawan dan menentukan kebijakan dalam promosi jabatan dan penentuan imbalan. 

5. Perencanaan Karir

perencanaankarir-akutahu2020

Sumber foto: https://www.psychologymania.com/

HRD juga perlu melakukan perencanaan karir. Tujuannya agar karyawan dapat mengembangkan dirinya sesuai bakat dan kemampuannya, sehingga mereka bisa bekerja secara optimal. 

6. Hubungan Karyawan

hubungankaryawan-akutahu2020

Sumber foto: https://magazine.job-like.com/

HRD menjadi penghubung antara perusahaan dan karyawan baik dalam komunikasi. HRD bertanggung jawab dalam memberikan informasi baik kebijakan maupun peraturan perusahaan untuk seluruh karyawan. Biasanya seorang HRD akan mendengarkan "Apakah hal-hal yang menyenangkan, yang membuat karyawan puas dan bangga pada perusahaan ini? Lalu hal-hal apa saja yang membuat mereka kurang puas dan merasa ingin berhenti dari perusahaan ini." Dengan menjaga hubungan antara perusahaan dan karyawan ini, akan mencipatakan lingkungan kerja yang baik dan dapat membuat karyawan nyaman serta semangat dalam bekerja.

7. Pengakhiran Hubungan Kerja

Sumber foto: https://blog.pluang.com/

Perusahaan bisa mengakhiri hubungan kerja dengan karyawan. Biasanya berakhirnya hubungan kerja disebabkan oleh waktunya pensiun, pekerja meninggal, dan mengundurukan diri. Apabila karyawan mengalami pengakhiran kerja dikarenakan pensiun atau meninggal, karyawan tersebut masih memiliki suatu hak yang harus dilaksanakan oleh perusahaan seperti pembayaranuang pensiun dan uang duka yang sesuai dengan UU Ketenagakerjaan.

8. Administrasi

administrasi-akutahu2020

Sumber foto: https://www.musdeoranje.net/

Pekerjaan administrasi ini, sebenarnya  tugas HR Personalia. Sesuai dengan kata administrasi, personalia memiliki ruang lingkup pekerja terkait dengan surat menyurat, seperti database karyawan, pencatatan cuti, dokumentasi, absensi, dan lain-lain.

Setelah membaca penjelasan di atas apakah kalian tertarik untuk menjadi HRD? Buat kamu yang sudah menitih karir sebagai HRD apakah sudah melaksanakan ke delapan pilar tersebut?

Penulis asal Amerika pernah berkata seperti ini, "Seorang pemimpin bukanlah seorang yang memaksakan orang lain untuk membuatnya lebih kuat.Seorang pemimpin adalah seseorang yang bersedia memberikan kekuatannya kepada orang lain sehingga mereka memiliki kekuatan untuk berdiri sendiri."

Karena HRD adalah pemimpin,maka praktekan delapan pilar tadi untuk membuat karyawan tumbuh dan berkembang.