Empat Tips Menghilangkan Stres

Sejatinya setiap orang pasti pernah mengalami stres. Baik stres karena masalah pekerjaan, keuangan, atau keluarga. Apa sih yang dimaksud dengan stres?

Menurut Anoraga, stres adalah tanggapan seseorang, baik secara fisik maupun secara mental terhadap suatu perubahan di lingkungannya yang dirasakan mengganggu dan mengakibatkan dirinya terancam.

Dapat disimpulkan, stres merupakan gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan dapat berasal dari dalam atau luar diri. Salah satunya akibat kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. 

Lalu, bagaimana sih cara menghilangkan rasa stres tersebut? Berikut beberapa tips untuk menghilangkan stres. Yuk kita simak!

1. Refreshing
Ketika stres hal pertama yang dapat dilakukan adalah refreshing atau jalan-jalan. Misalnya jalan-jalan ke pantai, melihat pemandangan, atau pun jalan santai sekadar cari angin sehingga membuat pikiran kembali fresh.

2. Menulis
Nah, tips yang ke dua yaitu menulis. Bagi sebagian orang, menulis dapat menjadi obat penghilang stres, lho!
Menulis dapat menjadi wadah mencurahkan semua kekesalan dan emosi yang ada pada diri kita ke dalam tulisan. 

Ada kutipan yang menyebut, "menulis adalah salah satu obat yang efektif menyembuhkan luka akibat patah hati karena dapat mengeluarkan emosi yang ada dalam pikiran".

3. Menyibukkan diri dengan hal positif
Saat sedang stres, dari pada melamun dan marah-marah tak jelas. Kita dapat mengalihkan pikiran dengan melakukan hal-hal positif. Misalnya membaca buku, olahraga, bersih-bersih, dan aktivitas lainnya yang bermanfaat. 

Sebab, ketika sibuk secara tidak sadar masalah yang sedang kita alami akan terlupakan. Rasa stres pun akan hilang dengan sendirinya.

4. Membaca
Tips yang terakhir ini dapat menjadi obat penghilang stres yang sangat ampuh. Membaca merupakan aktivitas menyenangkan.

Bagi yang muslim, Alquran dapat menjadi bacaan pilihan. Membaca Alquran akan membuat hati tenang dan tentram. Tak hanya stres, semua penyakit yang ada dalam diri kita baik itu lahiriah dan batiniah pun akan hilang.

Nah, sekian empat tips cara menghilangkan stres yang dapat menjadi referensi Anda. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Penulis: Risnawati