Upacara 17 Agustus Digelar Virtual, Ini 8 Paskibraka yang Bertugas

Perayaan HUT (Hari Ulang Tahun) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 digelar virtual pada Senin, (17/8/2020) lalu. Peserta yang hadir langsung dalam perayaan ini terbatas. Upacara peringatan kemerdekaan diikuti oleh dua puluh peserta upacara, empat belas peserta pada mimbar kehormatan serta depalan orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2020.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengukuhkan delapan nama anggota Paskibraka pada Kamis, 13 Agustus. Paskibraka yang bertugas pada tahun ini berasal dari anggota Paskibraka tahun sebelumnya.  Ada pun nama-nama delapan anggota Paskibra tersebut, antara lain:

  1. Indrian Puspita Rahmadhani dari Provinsi Aceh

Indrian Puspita Ramadhani terpilih menjadi pembawa bendera Merah Putih. Saat ini, Indrian tengah menempuh pendidikan di SMAN 1 Bireuen.

  1. Muhammad Adzan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat

Muhammad Adzan terpilih menjadi pembentang bendera. Ia tercatat sebagai siswa MAN 2 Kota Bima. Selain itu, Adzan juga terpilih sebagai Komandan Kelompok (Danpok) 17 Tim Merah.

  1. I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata dari Provinsi Bali

Siswa yang akrab dipanggil Sanggra ini bertugas menjadi penggerek bendera. Saat ini ia tengah menempuh pendidikan di SMAN 1 Mendoyo.

  1. Sudrajat Prawijaya dari Provinsi Bengkulu

Saat ini tercatat sebagai siswa SMAN 4 Rejang Lebong.

  1. Muhammad Asri Maulana dari Provinsi Kalimatan Selatan

Saat ini tengah menempuh pendidikan di SMAN 1 Kandangan.

  1. Sylvia Kartika Putri dari Provinsi Sumatera Utara

Saat ini tercatat sebagai siswi di SMA Sawasta Kartika 1-4 Pematang Siantar.

  1. Muhammad Arief Wijaya dari Provinsi Sulawesi Tenggara

Saat ini tercatat sebagai siswa di SMAN 2 Kendari.

  1. Dhea Lukita Andrianan dari Provinsi Jawa Timur

Saat ini menempuh pendidikan di SMAN 1 Ngunut, Tulungagung.

Nama-nama pelajar yang terpilih menjadi Paskibraka Nasional 2020 merupakan pelajar terpilih dari serangkaian proses seleksi yang ketat. Mereka berasal dari seluruh sekolah yang terbaik yang tersebar di tiap provinsi yang ada di Indonesia. Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang menjadikan pelajar sebagai pengibar bendera pada setiap peringatan kemerdekaan. 

Penulis: Alfida Rizky Febrianna

Editor: Yusnaeni