Tak Perlu Khawatir Bepergian, Bandara Husein Sastra Negara Menyediakan Rapid Test

Penumpang yang akan bepergian melalui Bandara Husein Sastranegara, Bandung tidak perlu khawatir akan tes kesehatan sebelum bepergian, kini pihak Bandara menyediakan fasilitas tes cepat atau rapid test sebagai syarat dibolehkan seseorang terbang.

Penyediaan rapid test ini secara resmi bekerjasama antara pihak kimia farma dengan pihak Bandara Husein Sastranegara. Hal tersebut dikatakan oleh Bapak Iwan selaku PLT Executive Bandara Husein Sastranegara.

"Kita menyediakan fasilitas pemeriksaan cepat di Area Curbside Terminal Keberangkatan Domestik” kata Iwan dalam keterangannya, Selasa (23/6/2020).

Tujuan penyedian fasilitas tes cepat ini untuk melihat hasil yang diharapkan seperti, hasil reaktif dan PCR negatif. Jika hasil tes sebaliknya, maka tidak akan dibolehkan untuk terbang, karena menjadi syarat mutlak calon penumpang pesawat. 

Masa berlaku hasil rapid test itu selama tiga hari dan tes PCR berlaku selama tujuh hari. Keputusan tersebut berdasarkan  syarat yang tertuang dalam Surat Edaran nomor 7 tahun 2020 dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tentang kriteria dan persyaratan perjalanan orang dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman Corona Virus Disease (Covid-19).

 

Penumpang Bandara Husein Sastranegara sudah bisa menikmati fasilitas kesehatan pemeriksaan Covid-19 dengan rapid test pada Senin (1/6/2020).

“Fasilitas pelayanan ini sudah dibuka dari Tanggal 1 Juni 2020 dan sampai dengan saat ini telah 35 orang  calon penumpang yang melakukan rapid test, dan alhamdullilah hasilnya semua nonreaktif," kata Iwan.

Dihimbau, pelaksanaan Rapid Test tidak bersifat free, akan tetapi dikenakan biaya sebesar Rp 225.000. Kemudian hasilnya dapat ditunggu lebih kurang selama 15 menit.

Penyedian fasilitas rapid test di Bandara Husein Sastranegara tersebut bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Bandung yang berniat untuk melakukan tes dan tidak dibatasi untuk penumpang saja.

Sementara itu, fasilitas ini akan dibanjiri oleh para penumpang yang saat ini sudah mulai mengalami peningkatan di Bandara Husein Sastranegara.(ani/nab)