Suka Menonton Film Detekif? Yuk Mengenal Genre Film Whodunit

Siapa yang sudah pernah menonton film Death On The Nile dan Murder On The Orient Express? Film yang diadaptasi dari buku karya Agatha Christie ini mengisahkan seorang detektif kenamaan, Hercule Poirot yang harus memecahkan misteri pembunuhan yang sedang terjadi. Nah, tahukah kamu kalau kedua film tersebut termasuk ke dalam genre whodunit? Apa sih genre whodunit itu?

Whodunit merupakan singkatan dari “Who Has Done It” yang berarti siapa yang melakukannya. Whodunit memiliki pengertian film yang berfokus pada misteri pembunuhan di mana karakternya berfokus untuk mencari resolusi dari kasus pembunuhan tersebut. Film whodunit juga biasanya melibatkan penonton untuk ikut andil dalam memecahkan kasus pembunuhan tersebut.

Seringkali penonton harus berfokus dalam setiap adegan di film whodunit, karena biasanya banyak sekali petunjuk yang disebar di sepanjang film untuk mengungkap siapa dalang sebenarnya dari pembunuhan tersebut.

Film whodunit biasanya dibuka dengan adegan pembunuhan yang terjadi dan awal dari penyelidikan, lalu selanjutnya akan memasuki tahap investigasi di mana detektif akan menyelidiki setiap bukti, keterangan, dan saksi. Lalu untuk mendapatkan keterkaitan antara pembunuhan dan setiap bukti yang ada, detektif mulai memilah informasi dan menguji setiap bukti dan keterangan yang ada, ketika menemukannya, barulah sang detektif akan mengungkap siapa pembunuh sebenarnya dan motif di belakangnya.

Film whodunit memiliki beberapa elemen penting yang biasanya terdapat di filmnya. Yaitu :

  • Adanya sosok detektif
  • Terduga pelaku
  • Karakter-karakter yang saling memiliki benang merah
  • Motif pembunuhan kompleks
  • Petunjuk yang tersebar dalam film dan bayangan akan peristiwa yang terjadi selanjutnya
  • Partisipasi penonton dalam menebak siapa pelakunya

REKOMENDASI FILM DAN SERIES BERGENRE WHODUNIT

Setelah memahami secara singkat mengenai genre whodunit. Penasaran film dan bergenre whodunit apa saja yang menarik untuk ditonton? Simak informasi berikut!

  1. Knives Out (2019)

Film yang disutradarai Rian Johnson ini mengisahkan misteri tewasnya seorang penulis novel kaya, Harlan Thrombey yang diduga melakukan bunuh diri di hari ulang tahunnya. Tetapi, tentu pada kenyataannya ada rahasia dan peristiwa kelam dibalik tewasnya penulis. Seorang detektif handal, Benoit Blanc pun mulai menyelidiki keluarga dari Harlan Thrombey untuk mengungkap misteri tewasnya Harlan.

 

  1. Scream Franchise (1996-2022)

Film slasher satu ini bukan hanya sekadar film pembunuhan biasa. Film yang dibintangi oleh Neve Campbell ini menceritakan kisah Sidney Prescott dan teman-temannya yang diteror oleh pembunuh bertopeng. Pembunuh ini dikenal sering menelepon korbannya sebelum memberikan sambutan terakhir bagi korbannya. Sidney pun berusaha mengungkap siapa pelaku dibalik teror pembunuhan yang menewaskan teman-temannya. Film ini telah mempunyai empat sekuel dan menjadi salah satu franchise film terlaris di dunia.

 

  1. Only Murders In The Building (2021)

 

Serial ini berkisah tentang kematian penghuni apartemen kelas atas, Tim Kono di New York. Kasus ini awalnya ditutup karena Tim diduga melakukan bunuh diri, tetapi tiga orang tetangga tim yang merupakan penggemar podcast kejahatan menganggap meninggalnya Tim sebuah pembunuhan. Mereka bertiga pun saling bekerjasama untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi kepada Tim. Dibintangi oleh Selena Gomez, serial ini berjumlah 8 episode dan dapat ditonton melalui platform Hulu atau Disney Plus.

 

(image source: pexels.com,Penulis: Muhammad Rifqi Hauzan)