Setapak Kaki yang Tengah Berlabuh di Media AKUTAHU

 “Bukan tentang seberapa jauh langkah yang ditapaki, tetapi tentang seberapa bernilainya proses melangkah itu”

Halo, aku Ilsya sebagai Research and Development Intern di Media AKUTAHU batch 3!

Sadarkah kalian bahwa kita semua sedang dalam perjalanan. Meskipun bisa saja kita beda jalur tetapi kita tetap berada di jalan besar yang sama. Sama-sama melangkah. Setapak demi setapak. Kesempatan demi kesempatan. Tak lupa, rintangan demi rintangan. Semua itu selalu hadir dalam perjalanan kita dan mengukir sebuah pelajaran serta kenangan. Dengan demikian, aku percaya bahwa segala langkah, kesempatan, dan rintangan yang ku lewati akan ku pastikan ada nilai di dalamnya. Nilai sebagai pelajaran berharga maupun sebagai kenangan yang baik.

Salah satu langkah yang ku tapaki saat ini adalah magang di Media AKUTAHU. Sebuah kesempatan baik untuk banyak belajar dan mendapatkan pengalaman terutama di bidang media. Terlebih, Media AKUTAHU menjadi media yang positif yaitu konten yang disajikan bebas dari berita negatif. Hal tersebut sangat menantang sekaligus menarik karena dari banyaknya informasi negatif di luar sana, Media AKUTAHU bisa mengambil dari sisi positifnya dan menjadi penetral dari lelahnya membaca informasi yang negatif.

Khususnya di bagian RnD (Research and Development), aku menjadi quality controller sebuah konten. Aku belajar bagaimana data dan keterbaruan informasi sangat penting bagi sebuah konten dan aku jadi tahu cara meriset yang baik untuk mendapatkan data dan informasi tersebut. Tentunya, banyak informasi baru yang aku dapatkan. Dalam mengecek kualitas sebuah konten, aku juga ikut mengoreksi terkait penulisan dan penempatan informasi dalam desain grafis. Hal tersebut, membuat aku mengerti bagaimana kualitas konten yang baik. Selain sebagai quality controller, aku juga mendapat kesempatan untuk membuat beberapa draft survei serta mendapatkan insight dari hasil survei tersebut.

Pengalaman lain yang aku dapatkan sebagai RnD adalah aku pernah membuat kajian mengenai “How to teach the oldies living online”. Sebuah tema yang menarik dan juga, selain mengkaji, aku jadi banyak tahu terkait tema tersebut. Dalam proses mengerjakan tugas-tugasku ini, aku sangat dibantu oleh tim Media Akutahu terutama kak Deslina sebagai Kepala RnD yang memberikan arahan yang jelas.

Selain mendapatkan pelajaran dari divisiku yaitu RnD, ada juga workshop membuat konten dan meeting terkait konten langsung dari Pak Isnaeni selaku Founder Media Akutahu. Banyak sekali pengetahuan baru tentang media yang belum pernah aku dapatkan. Tentunya sebuah kesempatan emas dapat langsung diberi arahan oleh Founder Media Akutahu. Hal baik lainnya adalah aku juga bisa berkoneksi dan berteman dengan orang yang berasal dari berbagai latar belakang. Dalam berdiskusi terkait kualitas konten, aku sangat merasa ke-heterogen-an di dalam Media AKUTAHU membuat suasana lebih menarik. Terlebih, kakak-kakak dan teman-teman di Media AKUTAHU sangat welcome.

Setapak kaki ini sudah melangkah lebih dari setengah perjalanan magang di Media AKUTAHU. Bersyukurnya, walaupun belum lama dalam hitungan bulan, tetapi sudah banyak nilai yang ku dapatkan. Dan untuk setengah perjalanan lagi, kaki ini siap untuk melangkah lebih sigap lagi dan juga diri ini siap untuk menampung segala pengalaman dan kenangan baik.

Semoga akan selalu begitu, bukan tentang seberapa jauh dan seberapa lama setapak kaki ini melangkah tetapi nilai apa yang bisa diraih. Semangat menjalani hari-hari, sobat!

Penulis: Ilsya Wirasati

Editor: Alfida Rizky Febrianna