Seragam Satpam Baru, Apa Saja Perubahannya?

Seragam baru satpam dipamerkan hari ini (02/02) dalam rangka upacara HUT Satpam ke-41 di lapangan Bhayangkara Mabes Polri. Seluruh peserta upacara yang hadir sudah menggunakan seragam satpam baru yang berwarna krem.

Keputusan polri terkait penggantian warna seragam satpam dilandasi oleh kemiripan seragam satpam dengan polisi yang sering menimbulkan kebingungan di masyarakat. Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan bahwa satpam harus memiliki identitas tersendiri dalam mengemban tugasnya ditambah rasa bangga dengan seragam barunya. 

Keputusan ini pun mendapatkan dukungan penuh dari Ketua Kompolnas RI Irjen (Purn) Benny Jozua Mamoto. Menurutnya, seragam coklat muda satpam sangat mirip seragam polisi dan sudah banyak video beredar di kalangan masyarakat tentang kemiripan tersebut. Sehingga perubahan warna seragam menjadi warna krem dinilai sangat tepat. 

Seragam ini baru boleh dikenakan setelah ada revisi Parpol No 2 Tahun 2020 tentang Pamswakarsa, dan masa aktif seragam tersebut adalah 1 tahun. 

(Farren Federika)

(Image Source : BPSGuard)