Sabdodadi, Desa dari Bantul yang Mejeng di Times Square

Jenama busana lokal Erigo berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia dengan mempromosikan produk mereka melalui billboard di Times Square, New York. Pemanfaatan nama besar dari daerah yang menjadi ikon wisata kota ‘The Big Apple’ tersebut rupanya jitu dalam menyulut perbincangan warganet Indonesia. Strategi ini juga dilakukan oleh jenama kosmetik MS Glow, penyanyi Rossa,  grup musik Weird Genius, sampai film Ali dan Ratu- Ratu Queens dengan menampilkan aktor Iqbaal Ramadhan dalam layar. Tidak ketinggalan, jalur menuju viral ini dimanfaatkan oleh sebuah desa kelurahan bernama Sabdodadi untuk menyebarkan daya tarik wisata dan budayanya.

 

Desa atau Kelurahan Sabdodadi secara administratif terletak di Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Daya tariknya berasal dari industri kerajinan kulit yang menghasilkan produk seperti dompet, jaket, sampai tas. Selain memproduksi, warga setempat juga langsung memasarkan produk langsung dari rumah-rumah penduduk yang juga digunakan sebagai ruang pamer. Kesenian juga menjadi nilai berharga yang dipertahankan oleh desa melalui seni gamelan, jathilan, melantunkan tembang macapat (mocopatan) serta  melantunkan sholawat (sholawatan).

 

Sabdodadi sendiri telah dikukuhkan oleh Pemprov DIY sebagai Desa Mandiri Budaya yang memiliki keharusan untuk menjaga karakter dan jati diri masyarakat serta mewujudkan, mengembangkan, dan berkontribusi pada nilai-nilai budaya DIY. Gelar tersebut adalah kali pertama bagi desa yang berlokasi di Kabupaten Bantul.

 

Inisiatif untuk mempromosikan Sabdodadi di Time Square berasal dari Viral Blast Global, perusahaan yang beroperasi di bidang penjualan. Sebagai bentuk corporate social responsiblity (CSR), Viral Blast Global menyerahkan dana sebesar Rp 100 juta kepada pihak desa. CSR sendiri adalah bentuk tanggung jawab yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan timbal balik positif bagi  kesejahteraan masyarakat dan lingkungan. Kali ini, CSR yang dilakukan Viral Blast Global bertujuan mempromosikan keanekaragaman budaya di Indonesia yang akan membantu pergerakan ekonomi dalam masyarakat.

 

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyatakan kebanggaanya terhadap Sabdodadi mengingat Times Square adalah salah satu pusat kegiatan ekonomi dunia. Langkah untuk membawa Sabdodadi ke kancah internasional tersebut menurutnya menjadi tantangan yang harus dihadapi masyarakat dengan daya kreativitas. Tanggapan tersebut ia sampaikan dalam agenda gelar wicara Update Forum Ekonomi Tumbuh di, Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul (12/9/21).

(Sumber foto: Pemkab Bantul)

(Fadhil)