PM China Bersama Menko Kemaritiman Lakukan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Hari Ini

Li Qiang selaku Perdana Menteri China menghadiri uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada 6 September 2023. Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan jalur sepanjang 142 kilometer yang telah tersambung, didanai oleh China sebesar $7.3 miliar.

Berdasarkan informasi sebelumnya, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rosan Roeslani mengatakan bahwa PM China akan ikut serta uji coba KCJB disela-sela event Internasional KTT ASEAN ke-43 di Jakarta, didampingi oleh Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. 

Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung oleh PM China sudah dilakukan pukul 15.58 dari Stasiun Halim-Karawang PP hingga 16.40. Luhut mengatakan bahwa PM China merasa senang dengan adanya uji coba KCJB ini. 

“Tadi di kereta kami banyak sekali berdiskusi mengenai proyek ini (KCJB). Memang kualitasnya tinggi seperti yang berkali-kali kami sampaikan. Presiden (Joko Widodo) kan mengarahkan ada studi kereta cepat sampai Surabaya,” ujar Luhut.

Sebagai informasi, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan beroperasi mulai tanggal 1 Oktober mendatang.  Pengoperasian KCJB akan dilakukan bertahap yakni mulai dari 8 perjalanan, dilanjutkan pada bulan November dengan 28 perjalanan, Desember sebanyak 40 perjalanan, dan januari mencapai 68 perjalanan kereta.  

Sebelumnya guna memastikan kelancaran perjalanan kedua Kereta Api tersebut beberapa waktu lalu Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi juga sempat melakukan uji coba perjalanan terintegrasi dari Stasiun Halim menuju Stasiun Bandung menggunakan KA Cepat dilanjutkan dengan KA Feeder

Selain Menhub, hadir pula dalam kegiatan tersebut menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri 2 BUMN Rosan Roeslani, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Septian Hario Seto, dan para pemimpin redaksi media

Dalam kesempatan itu, Menhub menyebutkan bahwa uji coba ini bagian dari rangkaian penyempurnaan layanan KA Cepat jelang pengoperasiannya nanti secara reguler.

“Kami bersama KCIC terus berupaya melakukan penyempurnaan dengan melakukan serangkaian uji coba. Mudah-mudahan uji coba berjalan lancar dengan hasil yang baik, sehingga sudah bisa digunakan masyarakat pada bulan Oktober 2023,” ujar Menhub.

 

Penulis: Annisa Ambarnis

Sumber foto: antaranews.com