Penularan Virus Corona di Surabaya Menyentuh Warna Hijau?

Status angka reproduksi efektif (Rt) penularan virus corona di Surabaya telah mencapai hijau. Setelah beberapa waktu sebelumnya Rt penularan virus corona di Surabaya ini menyentuh merah kemudian kuning. Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Febria Rachmanita menjelaskan maksud dari posisi Rt penularan berada di warna hijau berarti angka penularan virus corona di Surabaya sudah bisa dikendalikan. Bukan berarti Surabaya sudah mencapai zona hijau.

 

“Saya tidak berbicara zona, tetapi berbicara Rt yang sudah hijau dengan penularan kasus yang sudah dapat dikendalikan. Atau teorinya penyakit kemungkinan akan hilang dari populasi” kata Febria, Selasa (4/8) sebagaimana dikutip dari cnnidonesia.com

 

Menurut Febria, penurunan angka penularan ini juga tidak lepas dari peran walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Ia bekerja keras untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat supaya selalu menerapkan protokol kesehatan. Berbagai seperti penertiban warga Surabaya serta pembagian masker ke jalan-jalan dilakukan demi menekan angka penularan virus corona. Selain itu pemberlakuan swab test dan rapid test juga turut mendukung dalam usaha penurunan angka penularan virus corona di Surabaya.

 

Febria mengatakan, untuk menggambarkan angka penularan kasus dalam Rt dikenal tiga simbol warna. Pertama adalah warna merah, yang berarti bahwa angka penularan berada di atas satu (Rt>1), serta penyakit akan semakin menyebar dan menjadi wabah. Kemudian warga kuning, yang artinya penularan sama dengan satu (Rt=1). Dalam kondisi ini penyakit akan konstan ada, tidak bertambah, dan tidak berkurang di populasi sehingga menjadi endemis. Warna terakhir adalah warna hijau, ketika kondisi penularan dibawah satu (Rt<1) dan berarti penyakit dapat terkendali.

(hnf)