Merayakan Hari Diabetes Sedunia di Tengah Pandemi, Diabetasol Kampanyekan “Bersama Diabetasol, Sayangi Dia"

Seperti yang kita ketahui, Diabetes merupakan salah satu masalah kesehatan yang ada di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Menurut International Diabetes Federation (IDF) Diabetes Atlas, Indonesia memiliki 10.681.400 jiwa penderita diabetes (diabetesi) dari 172.244.700 jiwa total populasi orang dewasa di Indonesia. Hal ini berarti 1 dari 25 orang dewasa mengalami diabetes. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, prevalensi penderita diabetes mencapai 10,9%, dan angka ini dapat meningkat khususnya di tengah pandemi saat ini.

Dalam situasi pandemi COVID-19, Orang lanjut usia, dan orang dengan penyakit penyerta seperti diabetes, lebih rentan mengalami risiko komplikasi akibat terinfeksi COVID-19. Jika penderita diabetes terinfeksi virus, mereka akan lebih sulit diobati, sebab terjadi fluktuasi gula darah dan memungkinkan munculnya komplikasi diabetes. Berdasarkan data dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Orang dengan penyakit penyerta diabetes menduduki peringkat kedua terbanyak yang terinfeksi COVID-19. Oleh karena itu apabila diabetes dapat dicegah, maka bukan tidak mungkin dapat menurunkan angka kematian akibat COVID-19.

Director of Special Needs & Healthy Lifestyle Nutrition KALBE Nutritionals, Tunghadi Indra menyatakan KALBE Nutritional melalui brand Diabetasol nutrisi untuk diabetes, hadir untuk memberikan edukasi cara mengatasi diabetes kepada masyarakat. Menurutnya dengan masih tingginya prevalensi diabetes, khususnya di Indonesia, menunjukan bahwa masih banyak pekerjaan untuk dilaksanakan bersama sama, khususnya upaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai diabetes. Terlebih di tengah situasi pandemi ini, mengharuskan penderita diabetes untuk lebih waspada dan berhati hati dalam menjaga kadar gula darahnya.

Tunghadi menambahkan perlunya dibentuk komunitas masyarakat yang sadar diabetes, sehingga semakin banyak orang yang mampu menjadi caregiver diabetes.  caregiver merujuk kepada orang orang  yang bisa menjadi pendukung (support system) bagi penderita diabetes, misalnya keluarga dekat. Caregiver diharapkan mampu memahami mengenai penyakit diabetes, mulai dari penyebab, gejala, jenis diabetes, pencegahan, pemicu kenaikan gula darah, cara menormalkan gula darah, hingga cara mengobati diabetes.

Peranan dan Dukungan Para Caregiver (Keluarga)

Sebagai penyakit seumur hidup yang tidak dapat disembuhkan. Perlu untuk dilakukan pengawasan dan pemantauan rutin penderita diabetes. Selain dokter dan tenaga medis, caregiver turut memiliki peran penting, misalnya dalam membantu mengontrol gula darah agar tetap stabil. Tindakan umum yang bisa dilakukan caregiver ialah membantu penderita mengatur pola makan, menyusun resep menu diabetes, dan paling penting memotivasi serta memastikan bahwa penderita diabetes patuh dalam mengkonsumsi makanan yang telah diatur.

Sebagai salah satu caregiver, keluarga berperan dalam memastikan asupan nutrisi yang tepat, pemeriksaan kesehatan ke dokter, aktivitas fisik, dan cara mengobati diabetes. Caregiver sendiri perlu menyadari pentingnya kepatuhan dalam menjaga gula darah untuk tetap stabil yang dilakukan seumur hidup, terutama untuk mencegah komplikasi lebih lanjut yang bisa berujung pada kematian. Berbagai informasi pendukung mengenai diabetes yang harus dipahami oleh diabetesi dan caregiver/keluarganya dapat diakses secara daring sepanjang waktu di https://diabetasol.com/id.

Bersama Diabetasol, Sayangi Dia

Dalam merayakan Hari Diabetes Sedunia 2020, Diabetasol akan mengadakan serangkaian kegiatan dengan mengkampanyekan “Bersama Diabetasol, Sayangi Dia” Kampanye ini mengajak semua pihak mulai dari tenaga medis, keluarga, sahabat, kerabat untuk berperan aktif sebagai caregiver. Diabetasol menggunakan kesempatan ini untuk menggemakan kesadaran mengenai diabetes melalui perayaan Hari Diabetes Sedunia.

Tahun ini, Diabetasol mengajak para caregiver untuk lebih peduli dalam mendampingi penderita diabetes serta edukasi melalui TV dan video kampanye digital Diabetasol yang bisa diakses melalui YouTube Channel Diabetasol Indonesia - https://youtu.be/gXS9JcD-94Y. Diabetasol mengajak para caregiver untuk menunjukan kepedulian bagi anggota keluarganya yang menderita diabetes melalui paket khusus caregiver di KALCare Official Store - https://bit.ly/37t8ES7 yang tersedia di Shopee. Para caregiver pun dapat berpartisipasi dalam kontes testimoni yang diadakan di Facebook Page Diabetasol - https://www.facebook.com/ diabetasol dan akun Instagram @diabetasol_id - https://www.instagram.com/diabetasol_id.

Seperti peringatan Hari Diabetes tahun-tahun sebelumnya, Diabetasol juga akan mengadakan serangkaian acara edukasi secara live yang dilakukan bersamaan di berbagai kota di Indonesia dengan melibatkan Klikdokter dan anggota Persadia (Persatuan Diabetes Indonesia) serta edukasi kerjasama dengan beberapa rumah sakit di Indonesia.

 

Editor : Aidia Awwaaba