Dukung PJJ Daring, Komunitas Alumni Unpad Gelar Konser Donasi untuk Pelajar

Sektor pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi COVID-19. Hingga saat ini, pelajar di Jawa Barat masih melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring. Kendala banyak dihadapi pelajar, baik siswa maupun mahasiswa. Komunitas Alumni Universitas Padjadjaran (Unpad) inisiatif galang dana bagi pelajar tidak mampu di wilayah Jawa Barat, (29/8/2020).

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi menyebutkan, ada tujuh kendala besar yang dirasakan orang tua  maupun peserta didik. Pertama, orang tua terbebani kuota internet. Kedua, orang mandiri mengikuti PJJ. Keempat, peserta didik berharap pembelajaran daring tidak dipenuhi tugas. Kelima, materi yang disampaikan harus komunikatif dan kontekstual. Keenam, orang tua dan siswa sulit berkomunikasi langsung dengan guru. Ketujuh, ada sekolah yang tidak memiliki koneksi internet.

Berdasarkan keadaan masyarakat saat ini, Komunitas Alumni Unpad berinisiatif gelar konser virtual sebagai upaya menggalang dana untuk pelajar di Jawa Barat. Dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan pada siswa dan mahasiswa tidak mampu guna memfasilitasi kegiatan PJJ secara daring mereka.

Konser virtual yang diselenggarakan melalui YouTube ini diramaikan oleh penampilan artis-artis tanah air. Di antara yang turut serta ialah Fariz RM, Sam Bimbo, Nina Tamam, Widi ME, Barsena Bestandhi, Dwiki Dharmawan, Lita Zein, The Six Notes, Fharel, Timothy dan Latasha dan lainnya. Para penonton dapat berdonasi selama konser berlangsung.

“Dunia tengah dilanda pandemi virus COVID-19 yang tak kunjung usai. Hal ini menyebabkan banyak permasalahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Banyaknya hambatan yang muncul di dunia pendidikan sejak pandemi ini menggerakan kami urun daya untuk sama-sama mengatasi krisis pendidikan ini,” ujar Founder Unpaders.id Irawati Hermawan.

Ia menambahkan, sebagai alumni dari salah satu kampus yang berakar di masyarakat terutama di Jawa Barat, sudah sepantasnya peduli pada kondisi krisis masyarakat saat ini. Pernyataan ini didukung oleh Perwakilan Anggota DPR Muhammad Farhan yang menyebut kegiatan galang donasi ini sebagai bentuk kontribusi kecil untuk masyarakat.

“Menjadi bagian dari acara ini, adalah kontribusi kecil saya sebagai alumni Unpad dan orang yang pernah berkecimpung di dunia entertainment. Semoga acara ini menginspirasi kita untuk menjadikan keadaan lebih baik untuk semua.” tutup Muhammad Farhan.

Penulis: Alfida Rizky Febrianna

Editor: Yusnaeni