Kenali Tipe Belajarmu untuk Tingkatkan Prestasimu!

Tipe belajar adalah sebuah cara yang dimiliki setiap orang untuk memudahkan mereka dalam proses belajar. Namun, kebanyakan dari mereka tidak mengetahui tipe belajar yang efektif sehingga meraih hasil belajar yang kurang optimal. Untuk mengetahui tipe belajar tersebut, yuk baca artikel ini sampai selesai!


1. Visual
Orang dengan tipe belajar visual biasanya mengandalkan indera penglihatan. Kamu dengan tipe ini lebih peka terhadap kerapian, warna, keindahan atau penampilan. Untuk kamu dengan tipe belajar ini, disarankan menulis setiap penjelasan pengajar serta memperhatikan contoh-contoh peragaan.

2. Auditori
Orang dengan tipe belajar auditori mengandalkan indra pendengaran ketika menerima informasi. Kamu dengan tipe ini biasanya mudah memahami dialog, cenderung mudah dalam berkomunikasi, tetapi mudah terganggu dengan kebisingan. Untuk kamu dengan tipe belajar ini bisa belajar dengan cara diskusi ataupun mengulang-ngulang materi dengan rekaman.

3. Kinestetik
Orang dengan tipe belajar kinestetik mengandalkan gerak tubuh dalam menerima informasi. Kamu dengan tipe ini biasanya menyukai kegiatan fisik yang banyak bergerak dan tidak bisa diam. Untuk kamu dengan tipe belajar ini bisa memanfaatkan alat peraga yang ada, bisa mendengarkan penjelasan sambil menggambar jika diizinkan pengajar ataupun berjalan mondar-mandir ketika menghafal pelajaran.

Dari ketiga tipe belajar tersebut, manakah yang paling mewakili dirimu? Eits, tetapi perlu diingat kamu tidak harus sepenuhnya visual ataupun mutlak auditori. Bisa jadi kamu memiliki karakteristik auditori, tetapi merasa nyaman bila belajar dengan cara kinestetik.

Untuk kamu yang merasa tidak termasuk ke salah satunya, jangan khawatir karena masih ada penggolongan tipe belajar yang lain seiring perkembangan dunia pendidikan. Tetap semangat mengenal dirimu sendiri agar tahu cara belajar efektif untukmu dan maksimalkan potensimu!

 

(image source: www.daradung.com ,Penulis: Alya Fathinah)