Kasus Covid-19 Pertama di Korea Utara

Setelah selama beberapa bulan tidak terdapat kasus covid-19 di Korea Utara, pada akhir bulan Juli 2020 Presiden Korea Utara, Kim Jong Un mengumumkan kasus pertama Covid-19 di negaranya. Kota Kaesong, Provinsi Hwanghae Utara menjadi lokasi ditemukannya kasus Covid-19 tersebut. Kim Jong Un mengambil langkah untuk segera memberlakukan lockdown di kota Kaesong, sebagai respon dari ditemukannya kasus Covid-19 pertama di Korea Utara.

Kantor Berita Pemerintah Korea Utara atau Korean Central News Agency (KCNA) menyampaikan pengumuman lockdown tersebut pada pertemuan pejabat politbiro hari Jum’at, 24 Juli 2020. Diduga kasus ini berasal dari seorang pembelot yang pergi ke Korea Selatan sekitar tiga tahun silam, dan kini kembali ke Korea Utara. Ia kembali ke Korea Selatan secara illegal dengan menyeberang garis demarkasi.

Pemberlakuan lockdown atau penutupan akses di kota Kaesong ini sebagai langkah ketat pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus corona agar tidak meluas ke masyarakat Korea Utara. Sebelumnya Korea Utara telah menutup perbatasannya dan menjaga ketat serta menutup hampir seluruh akses lalu lintas perbatasan. Hal ini sebagai respon pemerintah Korea Utara terhadap kondisi dunia yang jumlah terpapar virus corona ini mengalami kenaikan secara signifikan. (hnf)