Kamu Berharga Kamu Istimewa! Yuk Hindari Perilaku Self Gaslighting

Pernah menyalahkan diri kamu sendiri karena kesalahan yang tidak pernah kamu lakukan? Bisa saja kamu sedang melakukan Self-Gaslighting lho!

Gaslighting sendiri merupakan kekerasan emosional yang dilakukan seseorang untuk membuat orang lain merasa bersalah atas hal yang sebenarnya tidak dilakukan. Biasanya Gaslighting menyerang perasaan, pemikiran, dan fakta-fakta yang seharusnya terjadi.

Proses dari Gaslighting yang dilakukan oleh orang lain ini dapat berlanjut ke tahap self-gasligthing. Karena merasa hal yang dilakukan olehnya selalu salah. Korban gaslight akan berpikir bahwa hal yang dilakukan adalah memang kesalahan dirinya. Contoh simple dari self-gaslighting adalah ketika kamu putus dari pacar kamu, lalu teman kamu menyalahkan kamu karena tidak bisa menjaga kekasihmu dengan baik. Lalu setelah kamu berpikir, kamu dalam hati berkata “Ah iya juga, memang semuanya salahku.” Hal itulah yang disebut dengan self gaslighting

CIRI-CIRI SELF GASLIGHTING

Self-Gaslighitng memiliki beberapa tanda utama yang pertama adalah timbulnya keraguan pada diri sendiri. Dalam hal ini, orang yang sedang mengalami self-gaslighting akan merasa kalau semua hal yang dilakukan merupakan suatu kesalahan fatal. Sehingga timbul keraguan yang dapat menyebabkan diri kita menjadi ragu dalam mengambil suatu keputusan ketika permasalahan terjadi karena takut berakibat fatal. Selain itu, akibat keraguan ini juga dapat menimbulkan sifat mengkritik terhadap diri sendiri karena tidak pernah melakukan suatu hal dengan benar.

Orang yang mengalami self-gaslighting juga akan mulai membandingkan diri sndiri dengan orang lain dan melihat diri kita dari sudut pandang orang lain. Misal ketika orang lain mengatakan kalau kita merupakan pribadi yang cengeng, timbul sugesti pada diri kita yang membenarkan pernyataan orang lain bahwa kita merupakan orang yang cengeng.

Ketika keempat hal tersebut sudah kita alami, maka ciri terakhir yang timbul adalah perasaan benci terhadap diri sendiri. Semua hal yang telah kita raih dan capai seketika runtuh karena ucapan seseorang yang membuat kita menjadi overthinking dan menganggap diri salah. Karena terus meragukan diri sendiri, akhirnya kita mulai menyalahkan diri sendiri atas segala nasib yang alami.

TIPS MENGATASI SELF GASLIGHTING

  • Mulai menulis jurnal harian tentang perasaan yang kamu alami selama menjalani aktivitas untuk menyadari apakah kamu di hari tersebut merasakan self-gaslighting atau tidak
  • Menanam sikap teguh atas apa yang kamu rasakan dan menerima fakta bahwa hal yang kamu rasakan saat ini merupakan hak kamu. Jika kamu merasa marah, maka itu merupakan hak kamu untuk merasa marah
  • Menanamkan pikiran bahwa semua permasalahan yang terjadi bukanlah sepenuhnya salah kamu. Kamu harus dapat berpikir kritis dan mengecek fakta setiap terjadi permasalahan agar tahu mana saja yang sekiranya kamu turut andil dalam permasalahan itu agar dapat merefleksi diri terhadap permasahan tersebut.
  • Mengabaikan setiap perkataan negatif yang dikatakan orang lain terhadap diri kamu

(Muhammad Rifqi Hauzan)

(Image Source : klikdokter)