Jadi Paham Etika dan Budaya Kerja

"Kerja magang sesungguhnya memiliki manfaat yang cukup baik dalam mempersiapkan diri menuju kerja nyata yang sesungguhnya. Saya jadi bisa tau etika dan budaya kerja nyata itu bagaimana."

Panggil saja saya Puput. Di sini saya mau cerita tentang pengalaman magang di media AKUTAHU. Saya bisa terhitung masih anak magang baru sih, karna saya baru masuk dari tanggal 24 Agustus 2020 bulan lalu. Di sini job desk saya adalah handle pengelolaan website, social media, dan meeting online. Di masa pandemi ini, media AKUTAHUmemberi tugas kepada semua staff-nya untuk melakukan WFH (Work From Home).

Ini adalah pertama kalinya saya mendapat semua job desk di atas dan pertama kalinya juga saya merasakan magang dengan metode daring, ya walaupun saya memang lulusan di bidang Business Information Technology, tetapi saya belum pernah meng-handle website “sungguhan” dan meskipun memang sekarang adalah era digital memang sudah seharusnya kita menggunakan features yang telah disediakan. Tetapi enggak tahu kenapa saya lebih suka bekerja secara langsung alias luring karna lebih berasa saja vibes kerja-nya. Ketemu temen, ngobrol, istirahat bareng-bareng, briefing pagi, meeting, dan lain-lain. Mungkin karna saya belum terbiasa saja kali ya kerja secara daring gini?

Jujur saya merasa tegang setiap mengerjakan tugas yang diberikan. Karna saya takut banget mengecewakan perusahaan yang sudah men-hire saya. Kalau ternyata hasil kerjaan saya di anggap tidak memuaskan. Soalnya di sini saya orang asing dari luar perusahaan. Ibaratnya saya hanya menumpang karena masih anak magang bukan pegawai tetap. Tapi syukurnya semua ketakutan ini, day by day akhirnya bisa terlewati. Kerja magang sesungguhnya memiliki manfaat yang cukup baik dalam mempersiapkan diri menuju kerja nyata yang sesungguhnya. Saya jadi bisa tau etika dan budaya kerja nyata itu bagaimana.

Selama kerja, banyak pengalaman baru yang udah saya dapet di media AKUTAHU. Walaupun masih terhitung baru, tapi MEDIA AKUTAHU menyediakan fasilitas yang sangat baik kepada para staff-nya, terutama kepada anak magang. Selama magang saya dibimbing sama kak Yus, dia adalah mentor saya. Mas Zulham di bagian HRD dan Mas Lucky yang mengajarkan saya di bagian IT Handlling.

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada mereka yang telah membimbing saya selama ini, karna tanpa mereka, pengalaman saya tidak akan bertambah.

Penulis: Siti Dewi Ayu Saputri (Puput)

Editor: Yusnaeni