iOS 15 Resmi Dirilis, Tersedia di Indonesia

Jakarta, 22/9/21 - Sejak diperkenalkan pada awal Juni 2021 lalu, Apple akhirnya merilis iOS 15 untuk pengguna iPhone dan iPad pada Senin (20/9) waktu Amerika Serikat. pembaharuan ini juga mulai dapat diunduh pengguna di Indonesia sejak Senin (20/9) pukul 00.00 WIB.

Beragam fitur dihadirkan pada iOS 15 untuk memanjakan pengguna. Dalam FaceTime misalnya, akan muncul fitur voice isolation yang bermanfaat untuk mengurangi suara gangguan yang muncul ketika melakukan panggilan. FaceTime juga dapat berjalan dalam mode potrait ataupun digunakan pula oleh pengguna Android dengan mengaksesnya via browser.

Perubahan juga tampak pada notifikasi yang dapat memuat foto kontak, menambahkan widget di home screen, dan juga mode jangan ganggu (do not disturb) untuk pesan yang masuk. Fitur penting selanjutnya yang dihadirkan terkait dengan keamanan data. Pengguna akan mendapatkan laporan privasi aplikasi yang berisi informasi-informasi akses yang dilakukan aplikasi di gadget kita.

Hadir di Berbagai Versi

Tidak semua produk Apple dapat merasakan iOS 15. Untuk iPhone, iOS 15 hadir di iPhone 13 (Mini, Pro, Pro Max), iPhone 12 (Mini, Pro, Pro Max), iPhone 11 (Pro, Pro Max), iPhone Xs (Max), iPhone Xr, iPhone X, iPhone 8 & 8 Plus, iPhone 7 & 7 Plus, iPhone 6S & 6S Plus, iPhone SE (Gen 1 & 2), dan iPod Touch (Gen 7).

Untuk iPad, iOS 15 dapat diunduh oleh pengguna iPad Pro 12,9 inci (Gen 1-5), iPad Pro 11 inci (Gen 1-3), iPad Pro 10,5 inci, iPad Pro 9,7 inci, iPad (Gen 5-9), iPad mini (Gen 4-6), dan iPad Air (Gen 2-4).

Bagi pengguna iPhone, iPad, dan iPod di atas dapat langsung melakukan pembaruan dengan cara: buka settings, pilih general, pilih Upgrade to iOS 15, klik tombol download and install. Setelah itu, iOS 15 akan terunduh dan terinstall secara otomatis.

(Sumber gambar: Kompas.com)

(Jacko Ryan)