Efektif Melawan Covid-19, Pemerintah Rencanakan Vaksinasi Booster

Vaksinasi dosis ketiga atau booster menjadi perbincangan banyak orang akhir-akhir ini. Oleh karena itu, pemerintah tengah menyiapkan berbagai rencana vaksinasi booster berbayar untuk masyarakat umum, dimulai pada tahun depan.

Sesuai dengan rencana pemerintah, 93,7 juta masyarakat menjadi target vaksinasi booster berbayar. Pemerintah juga merencanakan vaksinasi booster gratis bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan anak berusia 12 tahun.

Gagasan tentang vaksinasi booster ini mengundang berbagai pertanyaan dalam masyarakat, terutama terkait efektivitas vaksinasi booster untuk melawan penyakit Covid-19. Berikut ini beberapa klaim efektivitas vaksinasi booster.

  • Mengurangi keparahan infeksi

Sebuah studi di Israel mengklaim bahwa vaksinasi booster dapat mengurangi keparahan infeksi hingga 84%.

  • Meningkatkan jumlah antibodi

Studi awal vaksin Pfizer mengklaim bahwa vaksinasi booster dapat meningkatkan antibodi 5–10 kali lebih tinggi daripada vaksin dosis kedua.

  • Mencegah infeksi masyarakat usia lanjut

Masyarakat usia lanjut menjadi kelompok rentan terpapar Covid-19. Vaksinasi booster dapat mencegah infeksi parah bagi masyarakat usia lanjut.

Meskipun vaksinasi booster diklaim efektif, World Health Organization (WHO) belum merekomendasikan pelaksanaan vaksinasi booster bagi masyarakat umum. Menurut pernyataan yang dikeluarkan WHO, dua dosis vaksinasi tetap efektif melawan varian Koronavirus.

Untuk saat ini, prioritas program vaksinasi sebaiknya ditujukan untuk masyarakat yang memang belum mendapatkan vaksin sama sekali. Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksinasi booster memang baik secara klinis. Akan tetapi, menjadi tidak baik secara etis jika melihat perkembangan program vaksinasi saat ini.

“Ada 125 juta rakyat Indonesia yang belum seberuntung kita. Dapat vaksinasi pertama saja belum. Vaksin itu, kan, jumlahnya terbatas,” kata Budi saat mengikuti diskusi Wealth Wisdom Permata Bank, Sabtu (18/9).

Akan tiba saat di mana masyarakat dapat melakukan vaksinasi booster. Namun, masyarakat masih perlu menunggu perkembangan dari program vaksinasi pemerintah yang sedang berjalan. Oleh karena itu, yuk, kita dukung program vaksinasi pemerintah dengan mengajak teman-teman hingga keluarga untuk segera mendapatkan vaksin.

 

(Sumber gambar: Kompas.com)

(Oktavianus Bimo)