Dalam Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024, Presiden Jokowi: “Beritakanlah fakta-fakta apa adanya tapi bukan mengada-ada, bukan asumsi-asumsi, bukan seolah-olah ada,”

Presiden Joko Widodo menghadiri acara puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024 yang diselenggarakan di Econvention Ancol, 20 Februari 2024. Hari Pers Nasional itu sendiri diperingati setiap tanggal 9 Februari. Dalam peringatan Hari Pers Nasional ini, terdapat rangkaian kegiatan, dimana acara puncaknya pada tahun ini diselenggarakan pada hari Selasa, 20 Februari 2024.

Selain Presiden Jokowi, dalam acara puncak tersebut hadir pula Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch. Bangun, serta insan pers dari berbagai daerah. 

Setidaknya ada dua poin utama yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam acara puncak tersebut, yaitu yang pertama agar pers tetap menjadi salah satu pilar penjaga demokrasi di Indonesia dengan memberikan informasi yang jernih/tidak bias. Presiden berucap, "Beritakanlah fakta-fakta apa adanya tapi bukan mengada-ada, bukan asumsi-asumsi, bukan seolah-olah ada".

Adapun pesan kedua, Presiden berharap agar pers juga dapat memikirkan langkah-langkah kongkret dan strategis serta terus melakukan inovasi di tengah ketidakpastian global. 

“Agar adaptif dalam merespons perubahan zaman, mampu berdiri tegak secara mandiri di tengah gempuran persaingan global,” tutur Presiden.


sumber: setneg.go.id