Collaboration Festival 2021 Diselenggarakan Secara Virtual Untuk Pertama Kalinya

Jakarta, 27 Februari 2021 - Acara tahunan dengan sebutan Collaboration Festival (CoFest) kembali diselenggarakan pada tanggal 3-5 Maret 2021 oleh Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya. Dikarenakan kasus penularan Covid-19 di Indonesia yang masih meningkat, CoFest 2021 akan dilaksanakan secara virtual melalui platform digital Instagram, Zoom Meeting, dan YouTube Live Streaming.

Pelaksanaan CoFest mempunyai tujuan untuk meningkatkan wawasan bagi mahasiswa dan generasi lainnya supaya mampu berpikir kreatif demi menciptakan sebuah karya yang inovatif dengan beradaptasi melalui kolaborasi virtual di era digital. CoFest 2021 akan dimeriahkan oleh Bimoky, Sruput Nendang, Ikram Afro, Sania Leonardo, Reality Club, Rizky Aulia atau Kiki Ucup dan pengisi acara lainnya.

Pada tahun ini, CoFest 2021 akan mengangkat tema “Kreasi Digital Penggerak Generasi” dengan tagline “Generasi Digital: Kreatif, Inovatif, adaptif!”, lalu diisi dengan rangkaian acara utama yakni seminar daring dan perlombaan.

Untuk seminar daring pada CoFest 2021 terdapat lima seminar yaitu “Podcast Sebagai Media Bebas Berkarya”, “Media Sosial Jaga Eksistensi Industri”, “Konten Singkat yang Terus Meningkat”, “Komunikasi Pemasaran di Masa Pandemi”, dan “Konsep Virtual, Solusi Industri Musik”. Selain seminar, pada CoFest juga akan ada perlombaan seperti Poster, Voice Over, Public Speaking, Kampanye Sosial, Pembawa Acara Berita, dan Valorant (e-sport).

Rektor dari Universitas Pembangunan Jaya, Ibu Leenawaty Leenawaty Limantara Ph.D atau yang akrab disapa Ibu Shinta menyampaikan pendangannya mengenai tema dan tagline CoFest 2021. Ibu Shinta mengatakan bahwa acara ini sangat menarik dengan kata kunci penting di dalamnya dan karya digital yang tercipta nantinya diharapkan dapat menggerakkan generasi.

“Hmm menarik ya, tentunya sangat menarik karena ada kata-kata kunci seperti inovasi, kreatifitas, adaptif dan generasi digital. Jadi teman-teman mengangkat karya digital menggerakan generasi pemaknaannya adalah, karya digital yang lahir dari apapun yang diciptakan itu harus mampu menggerakkan generasi, Intinya sangat bagus, kata-kata kunci yang dipakai itu adalah sesuatu yang sangat penting” tutur Ibu Shinta dalam press release before Event CoFest 2021, Minggu (21/02).

Ketua Pelaksana, Marcella Anindita mengungkapkan latar belakang CoFest 2021 mengangkat tema “Kreasi Digital Penggerak Generasi” dan menggunakan tagline “Generasi Digital: Kreatif, Inovatif, Adaptif!”. Marcella menjelaskan kalau tema dan tagline tersebut mempunyai konsep virtual yang dekat dengan digital dan diharapkan mampu menjadi dorongan bagi generasi sekarang bahwa saat ini perlu untuk mempunyai pemikiran kreatif, inovatif, dan berperilaku adaptif.

“Alasan kenapa CoFest tahun ini kita mengambil tema dan tagline tersebut karena kita juga punya konsep virtual yang dekat dengan digital diharapkan menjadi dorongan untuk generasi sekarang kalau kita itu perlu memakai pemikiran yang kreatif, harus bisa berinovasi, dan memiliki perilaku adaptif” ujar Marcella.

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya pertama kali menyelenggarakan acara tahunan pada tahun 2016 dengan tajuk Communication Festival (COMMFEST) yang mengusung tema “Super Entrepreneur”, lalu di tahun 2017 terdapat dua COMMFEST yaitu “Diginesia” dan “Evolution of Mass Media (EVODIUS) dan berkolaborasi dengan Program Studi Manajemen, Psikologi, dan Akuntansi. Pada tahun 2018 mengangkat tema “Creative Entrepreneur Dare to Innovate and Inspire People (CREDIT TITLE)”.

Diselenggarakan kembali pada tahun 2019, namun COMMFEST berganti nama menjadi Collaboration Festival (Co-Fest) dengan membawa tema “Spirit of Millennials and Gen Z” dan mendatangkan sekitar lebih dari 5000 penonton saat penutupan acara di Bintaro Jaya Xchange Mall. Kembali lagi pada tahun 2021, Collaboration Festival (CoFest) bersama tema “Kreasi Digital Penggerak Generasi” akan diselenggarakan secara virtual untuk pertama kalinya.

Reporter: Mira Maryani

Editor: AZ