Aplikasi Penting Yang Wajib Ada Untuk Membantu WFH/PJJ Kita

Sudah hampir 2 tahun pandemi melanda indonesia. Sudah 2 tahun pula pola bekerja/belajar kita berubah dari yang serba offline dan manual jadi serba online dan digital. Disinilah peran aplikasi ‘pembantu’ memegang peran penting dalam kegiatan sehari-hari kita. Kira kira apa saja aplikasi yang dapat membuat pekerjaan kita lebih tertata dan efektif?

 

  1. Aplikasi untuk rapat/pembelajaran

Ada banyak sekali aplikasi untuk komunikasi dengan keunggulannya masing-masing. Untuk pelajar, biasanya menggunakan google meet/google classroom. Untuk yang sudah kuliah/bekerja, apk komunikasi yang digunakan adalah zoom, microsoft teams, gmeet, google hangout dll.

 

  1. Aplikasi untuk komunikasi

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Untuk WFH/PJJ, aplikasi komunikasi yang digunakan biasanya Telegram, WhatsApp, dan Line. aplikasi ini tidak hanya menyediakan fitur chat, berbagi dokumen, namun juga voice call dan video call.

 

  1. Aplikasi untuk membuat presentasi

Aplikasi yang sering digunakan untuk membuat presentasi biasanya adalah Microsoft Powerpoint, Canva, dan Google Slide.Selain bisa diunduh secara gratis, aplikasi ini juga menyediakan ribuan template sehingga ppt terlihat semakin menarik.

 

  1. Aplikasi untuk menyimpan dan berbagi file

Ingin file aman, tidak hilang, dapat dibuka dimana saja dan gampang untuk mengirimnya ke orang lain? Kamu butuh aplikasi Google Drive, OneDrive dan Dropbox. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk menyimpan file dan membagikannya dengan sekali klik. Aplikasi ini juga memberikan penyimpanan gratis hingga 15 GB.

 

  1. Aplikasi menulis dan editing

Banyak aplikasi yang terkenal untuk menulis seperti Microsoft Word atau Google docs. Tapi selain itu, kamu juga bisa menggunakan OneNote dan Evernote untuk menulis, menyimpan artikel suatu web, dan menggambar.

 

Demikian daftar aplikasi yang dapat membantu WFH dan PJJ kamu. Aplikasi mana nih yang menurutmu paling bermanfaat untuk kegiatanmu?

 

(image source: astig.ph, Penulis: Farren Federika)