Antrean Mengular di Stasiun Bogor Pada Hari Pertama Masa Trasisi PSBB

Mulainya Fase I Masa Transisi, kegiatan perkantoran di wilayah DKI Jakarta kembali beroperasi pada Senin (8/6) pagi. Mengakibatkan mengularnya antrean pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Bogor, Jawa Barat.

 

Antrean penumpang KRL di Stasiun Bogor, Jawa Barat membeludak keluar. Hingga pukul 06.11 WIB antrean penumpang bahkan sampai ke areal parkiran mobil. Hal ini juga banyak dilaporkan penumpang diakun media sosial.

 

Para penumpang mengaku baru bisa masuk ke area peron stasiun dan lanjut masuk ke gerbong kereta setelah mengantre berdiri sekitar 45 menit. Kemudian, menunggu beberapa saat sampai kereta jalan ke arah Jakarta.

 

Tempat menunggu kereta tiba di dalam peron pun dibatasi menjadi dua wilayah untuk membuat jarak sehingga meminimalisir terjadinya singgungan tubuh antar penumpang.

 

Meskipun tidak sepadat hari-hari biasanya, namun masih tidak dapat dihindarkan kerumunan penumpang saat menunggu kereta. Terutama saat kereta tiba, para penumpang berlarian dan berlalu-lalang sehingga tidak mematuhi arahan dari petugas. Dari stasiun ini hanya sekitar 74 penumpang yang dapat menggunakan kereta saat tiba.

 

Penumpukan-penumpang ini merupakan imbas dari diberlakukan pembatasan jumlah penumpang di tengah meningkatnya jumlah penumpang.

 

Lewat laman twitter akun resmi Info Commuter Line, @CommuterLine meminta warga yang antre tetap mematuhi protokol kesehatan. Commuter Line juga meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut.

sumber gambar: @commuterline

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) pun telah menambah jam operasional KRL Commuterline mulai pukul 04.00-20.00 WIB menjadi pukul 04.00-21.00 WIB selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi mulai Senin (8/6).

 

"Kemungkinan adanya antrean pengguna sehubungan aturan jaga jarak aman dan batasan kapasitas di dalam kereta bisa saja terjadi," kata VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba di Jakarta, Minggu (7/6/2020)

 

Anne mengimbau agar penumpang cermat merencanakan perjalanan. (yhn/nab)

Sumber gambar: twitter @commuterline