7 Rekomendasi Destinasi Wisata di Dekat Sirkuit Mandalika, Ada Apa Saja?

Sirkuit Mandalika terletak di Desa Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat yang menjadi sirkuit balap bertaraf internasional dengan panjang lintasan 4,31 km dan 17 tikungan. Tak jauh dari lokasi Sirkuit Mandalika, terdapat destinasi wisata yang menarik dan wajib untuk dikunjungi.

1. Pantai Tanjung Aan

Berada di Sengkol, Kuta, Pujut, Lombok Tengah. Pantai Tanjung Aan menyajikan pesona pasir putih yang indah dan membentang luas. Selama berada di kawasan pantai, pengunjung bisa menikmati kuliner, berenang, atau pun menyelam. Lokasi Pantai Tanjung Aan dari Sirkuit Mandalika cukup dekat hanya sekitar tujuh menit dengan menggunakan mobil.  Biaya parkir mulai dari Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil per kendaraan.

2. Bukit Merese

Terletak di Jalan Kuta Lombok, Kuta, Pujut, Lombok Tengah. Bukit ini tak terlau tinggi dan menawarkan hamparan rerumputan hijau serta mengelilingi Pantai Tanjung Aan. Bagi penikmat senja, Bukit Merese menjadi spot yang cukup strategis untuk mengabadikan momen matahari terbenam. Tak jauh dari Pantai Tanjung Aan, pengunjung hanya perlu berjalan kaki untuk menuju ke bukit ini.  Selain itu, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk.

3. Pantai Kuta Mandalika

Berada di Desa Kuta, Pujur, Lombok Tengah. Dari Sirkuit Mandalika, pengunjung bisa menempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor dalam waktu kurang lebih 16 menit. Pantai Kuta Mandalika menawarkan keindahkan laut dan hamparan pasir putih yang luas. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir saja mulai dari Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil per kendaraan.

4. Pantai Batu Berang

Tak hanya Pantai Tanjung Aan dan Pantai Kuta Mandalika saja, Pantai Berang menjadi lokasi destinasi wisata yang dekat dengan Sirkuit Mandalika. Waktu tempuh ke lokasi hanya 15 menit dengan jarak 6,7 km menggunakan mobil. Pantai Berang berada di Serenang, Mertak, Pujut, Lombok Tengah. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir saja tanpa harus membayar tiket.

5. Desa Mertak

Berada di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Desa Mertak menjadi tempat wisata yang masuk ke dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Mandalika. Di desa ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai, pegunungan, dan hutan bakau.

6. Pantai Seger

Terletak di Desa Sukadane, Kecamatan Pujut, pantai ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan sehingga wajib untuk dikunjungi. Uniknya, di Pantai Seger terdapat monumen Putri Mandalika yang terlihat membebaskan diri dari tiga orang pria. Konon, di pantai inilah legenda Putri Mandalika menenggelamkan diri.

7. Pantai Gerupuk

Berada di sebelah timur Pantai Kuta Lombok, Pantai Gerupuk tak kalah ciamik dan siap memanjakan mata pengunjung dengan panorama alam yang mengagumkan. Punya ombak tinggi dan kuat, pantai ini menjadi andalan peselancar mulai dari pemula hingga profesional.

 

Riva Destira Ramadhani

(Image Source : maucash.id)